Home / Internasional

Kamis, 28 September 2023 - 20:47 WIB

Indonesia Optimalkan Potensi Laut melalui KTT AIS Forum 2023

Poto: dok, infopublik

Poto: dok, infopublik

Jakarta, 28 September 2023 – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 menjadi titik penting bagi Indonesia, terutama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam upaya menggali potensi kelautan yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

Dilangsir dari infopublik.id, keterangan, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta, Ismail, mengungkapkan pentingnya memiliki data konkret terkait potensi kelautan. “Pemerintah harus punya data kelautan yang lengkap itu apa aja sih, karena sepertinya kita masih lemah di sini. Sehingga sampai saat ini kita belum tahu apa yang mau kita jual ke luar, mengundang investor dan sebagainya,” kata Ismail.

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar dengan lebih dari 17.500 pulau, 108.000 kilometer garis pantai, dan tiga perempat wilayah laut, memiliki potensi laut yang belum sepenuhnya dieksplorasi. Ismail menjelaskan bahwa DKI Jakarta juga memiliki potensi kelautan yang dapat dioptimalkan.

Baca Juga  Penipuan AI: Google Gugat Penjahat Siber yang Memanfaatkan Google Bard

Ismail menyarankan agar DKI Jakarta belajar dari negara-negara peserta KTT AIS Forum yang sudah lebih awal mengoptimalkan potensi laut. Uni Eropa, misalnya, telah menerapkan strategi blue growth sejak 2012, yang mencakup sektor akuakultur, pariwisata maritim, pesisir dan kapal pesiar, sumber daya mineral laut, dan bioteknologi biru.

Uni Eropa memiliki data pasti mengenai potensi laut, dan penelitian serta inovasi kelautan menjadi fokus utama mereka. Alokasi anggaran untuk proyek penelitian dan inovasi kelautan mencapai 911,68 juta dolar AS dari tahun 2014–2016.

Pengembangan potensi kelautan yang dimiliki DKI Jakarta harus terbaca dengan baik oleh negara luar sebagai satu konsep yang utuh, terintegrasi, dan memenuhi unsur-unsur kelestarian lingkungan, kata Ismail. Data potensi laut perlu dikorelasikan dengan pertumbuhan ekonomi, pendapatan per kapita, penyerapan tenaga kerja, dan faktor-faktor ekonomi lainnya agar dapat menarik minat investor.

Baca Juga  Malaysia Diduga Jiplak Lagu Halo-halo Bandung Jadi Helo Kuala Lumpur

Selain itu, regulasi yang memadai terkait pengelolaan tata ruang laut juga menjadi penting. Regulasi ini memberikan keamanan dan kenyamanan kepada investor yang berinvestasi di sektor laut, termasuk di wilayah DKI Jakarta.

Indonesia memiliki sektor perikanan terbesar kedua di dunia dengan nilai sekitar 27 miliar dolar AS terhadap PDB pada tahun 2021. Sektor ini menyediakan 7 juta pekerjaan dan memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan protein hewani global. Sementara itu, nilai tambah industri pengolahan makanan berbasis kelautan mencapai Rp29,96 triliun menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022.

Baca Juga  Ini Tiga Pokok Penguatan Kerja Sama Indonesia dan Kenya

KTT AIS Forum 2023 akan digelar di Bali pada 10–11 Oktober 2023, dengan tema “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama.” Indonesia, sebagai tuan rumah, akan fokus pada pembangunan ekonomi biru, tantangan perubahan iklim, serta mempererat solidaritas antara negara pulau dan kepulauan.

KTT AIS Forum mengundang perwakilan dari 51 negara pulau dan kepulauan, dengan target 25 kepala negara/pemerintahan, serta 30–47 pejabat setingkat menteri. Forum ini bertujuan memperkuat kolaborasi untuk mengatasi permasalahan global, termasuk mitigasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim yang baik. KTT AIS Forum menjadi pusat solusi cerdas dan inovatif serta platform gotong royong dalam mendorong agenda tata kelola laut global.

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Internasional

Kekerasan Masih Merajarela di Wilayah Selatan Thailand

Internasional

Bengkulu – Singapura: Jejak Sejarah yang Terlupakan

Internasional

Gempa Besar di Maroko Ribuan Meninggal dan Terluka

Internasional

Ini Tiga Pokok Penguatan Kerja Sama Indonesia dan Kenya

Internasional

Pertemuan Bilateral RI- Australia Upaya Penanggulangan Terorisme

DPD RI

Bicara Di Kyongwoon University, Sultan Ajak Korea Selatan Kolaborasi Majukan Pendidikan Vokasi Indonesia

Internasional

Penipuan AI: Google Gugat Penjahat Siber yang Memanfaatkan Google Bard

Internasional

November, Merupakan Bulan yang Bersejarah Bagi Warga Patani Selatan Thailand