Home / Pendidikan

Kamis, 28 Maret 2024 - 15:40 WIB

Implementasi Ajaran Niteni-Nirokake-Nambahi dalam Kegiatan Campus Visit to Company

Campus visit to company mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Campus visit to company mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Campus Visit to Company merupakan kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Kali ini Campus Visit to Company dilaksanakan di PT Amerta Indah Otsuka yang berlokasi di Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur, yang di mana perusahaan ini didirikan oleh Busaburo Otsuka pada tahun 1921 di Tokushima, Jepang. PT Amerta Indah Otsuka sekarang berkembang pesat di beberapa negara dan di Indonesia sendiri memiliki kantor pusat yang berlokasi di Pondok Indah Office Tower, Jakarta Selatan, DKI Jakarta sedangkan pabrik cabang berada di Desa Kutajaya, Kecamatan Cicurug, Sukabumi. Sesampainya tiba dilokasi mahasiswa dan dosen diberikan pengarahan dan diminta untuk mematuhi standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku di PT Amerta Indah Otsuka. PT Amerta Indah Otsuka memiliki SOP ketat yaitu dalam keadaan sehat, berpakaian sopan, bersepatu, dilarang membawa makanan atau minuman, dan dilarang memegang telepon genggam atau dilarang mengambil gambar ruang produksi PT Amerta Indah Otsuka untuk menjaga area produksi tetap bersih dan steril. Saat pemaparan materi, narasumber memberikan informasi terkait dengan sejarah perusahaan, produk-produk perusahaan, dan arti logo perusahaan. Setelah narasumber memaparkan materi terdapat sesi tanya jawab. Di mana salah salah satu pertanyaannya yaitu tentang bagaimana PT Amerta Indah Otsuka mengolah limbah. Dari pertanyaan tersebut mahasiswa dan dosen mengetahui bahwa PT Amerta Indah Otsuka mengolah limbahnya dengan mesin, sehingga limbah yang dikeluarkan berupa air bersih yang berguna bagi kelangsungan makhluk hidup.
Selama kegiatan Campus Visit to Company, para mahasiswa dan dosen diberikan informasi mengenai beberapa rangkaian proses produksi produk-produk yang dimiliki PT Amerta Indah Otsuka, seperti: proses produksi pocari sweat dan soyjoy. Adapun beberapa tahapan proses produksi yang dijelaskan kepada peserta Campus Visit to Company yaitu, proses blow molding, proses controlling (pengecekan), proses labelling (memberikan label merek produk), dan yang terakhir adalah proses filling (produk jadi).
“Pelajaran yang dapat kami ambil setelah melakukukan kegiatan Campus Visit ini yaitu dapat memperluas pengetahuan tentang bagaimana cara kerja dan proses-proses produksi yang dilakukan oleh PT Amerta Indah Otsuka. Tidak hanya itu, di sini kami dapat memotivasi diri untuk menjadi sebuah pengusaha yang sukses,” ucap Nidia Dinda Salsabila sebagai salah satu panitia kegiatan Campus Visit to Company Akuntansi tahun 2024.
Melalui kegiatan Kuliah Kunjungan Perusahaan (KKP) ini atau yang dikenal dengan Campus Visit to Company, mahasiswa dapat mengimplementasikan ajaran Tamansiswa yaitu niteni, nirokke, dan nambahi. Mahasiswa dapat mengetahui proses perkembangan produk Otsuka yang dapat membawanya berkembang hingga berhasil bersaing dan memasuki kancah internasional. Pada tahun 1946 Otsuka memulai pembuatan dan penjualan infus. Dirasa kurang, perusahaan Otsuka terus melakukan riset dan penelitian ilmiah untuk mengamati serta mengembangkan keberagaman solusi ilmiah demi menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil upaya pengamatannya, terciptalah POCARI SWEAT sebagai minuman isotonik yang dapat menjaga dan menggantikan ION serta cairan di dalam tubuh, hingga pada tahun 1989 minuman ini resmi diluncurkan di Indonesia. Pada proses ini Otsuka menerapkan ajaran Tamansiswa berupa mengamati (niteni). Tak hanya itu, perusahaan ini juga berhasil menciptakan Pocari Sweat rendah kalori yang diberi nama ION WATER yaitu minuman isotonik yang hampir mirip dengan POCARI SWEAT namun dalam versi rendah kalori. Pada hal Otsuka ini menerapkan ajaran tamansiswa berupa menirukan produk yang sudah ada (nirokke). Selanjutnya sebagai perusahaan yang memiliki konsep neutraceutical product atau dapat diartikan sebagai produk yang memberikan manfaat kesehatan dan menjaga kualitas hidup menjadi lebih baik, maka perusahaan ini menciptakan produk pelengkap yaitu SOYJOY berupa snack dengan Glycemic Index rendah yang sepenuhnya terbuat dari tepung kedelai dan buah-buahan asli yang dikeringkan, ORONAMIN C berupa minuman vitamin C dan B mengandung madu yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin harian, dan FIBE MINI sebagai minuman serat harian dan memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan pencernaan. Dengan beragamnya produk yang sudah ada tersebut dapat menambahkan produk-produk baru yang dapat dijual. Proses ini Otsuka menerapkan ajaran tamansiswa berupa nambahi atau menambahkan dalam rangka melakukan diversifikasi produk. Dari penjabaran kisah Otsuka yang mengimplementasikan ajaran Tamansiswa dapat diteladani oleh para mahasiswa.

Baca Juga  Tips Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAI BS Lubuklinggau Dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester

Terakhir, hal yang dapat dipetik dalam kegiatan ini adalah betapa kerja keras dari PT Amerta Indah Otsuka dalam mengasah sinergi, terus mencoba mengembangkan produk, memasarkan produk, akhirnya menjadikan perusahaan ini memiliki branding yang baik di kacah internasional yang sesuai dengan ajaran tamansiswa yaitu niteni, nirokke, dan nambahi.

Baca Juga  Kegiatan Seni Teater SMA Negeri 2 Rejang Lebong Berjalan Sukses

Penulis:
-Salsabila Nugrahani
-Nidia Dinda Salsabila -Naufita Sari
-Anna Titi Rugaya Honing
-Ni’matul Ula Qurrotul Aini
-Paulus Abraham kiuk
-Florentina Novantri Wae
-Maria Ignasia Bora

Baca Juga  Merefleksikan Ajaran Ngandel, Kendel, Bandel Dalam Kegiatan Campus Visit to Company

Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Dosen Pendamping: Fuadhillah Kirana Putri, S.Ak., M.,Sc

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Tips Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) STAI BS Lubuklinggau Dalam Menghadapi Ujian Tengah Semester

Literasi & Opini

Memahami Penyebab Kepuasan Kerja dan Perilaku Kesukarelawan Pekerja : Sebuah Penelitian

Pendidikan

Pemerinktah Atur Strategi Ciptakan Perguruan Tinggi RI Universitas Berkelas Dunia

Pendidikan

Trilogi Kepemimpinan dalam Praktik: PT. Victoria Care Indonesia Tbk Menerapkan Konsep Pemimpin Ideal

Pendidikan

Mendikbudristek Kunjungi Padepokan Seni Bagong

Pendidikan

UMKM BATIK DHINANTY BANTUL, YOGYAKARTA

Pendidikan

Materi Agama SMA Negeri 2 Muara Kuang diaplikasikan Melalui Pesantren Kilat

Pendidikan

Memanfaatkan Lahan Kosong, Sunarto Budidaya Ikan Gurami