Home / Daerah

Minggu, 31 Maret 2024 - 23:57 WIB

Tim Reskrim Polres Lubuk Linggau Sidak Agen dan Pangkalan LPG

Foto, Dok, sumaterakito.com

Foto, Dok, sumaterakito.com

Lubuk Linggau, ri-media.id – Tim Satuan Reskrim Pidsus Polres Lubuklinggau melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke agen dan pangkalan penyalur tabung Gas LPG 3 kilogram di Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan, dalam mengantisipasi kenaikan harga jelang Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. Dipimpin oleh Kanit Pidsus Ipda M. Dodi Rislan, tim memberikan himbauan agar harga tidak melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga  Feri Anggriawan Mengucapkan Terima Kasih atas Dukungan Masyarakat

Kapolres Lubuk Linggau AKBP Indra Arya Yudha menyatakan bahwa kegiatan sidak ini rutin dilakukan dalam mengatasi kelangkaan dan lonjakan harga tabung gas jelang Ramadhan dan Lebaran. Menurut Ipda Dodi, kebutuhan akan tabung gas LPG 3 kilogram meningkat drastis saat ini, sehingga perlu pengawasan ketat.

Dari hasil sidak, beberapa agen dan pangkalan penyalur, serta toko kelontongan, mendapat teguran dan pendataan karena menjual di atas HET. Harga resmi di pangkalan seharusnya Rp 15.650 per tabung, namun dijual ke masyarakat dengan harga Rp 20.000 – Rp 25.000. Bahkan, terdapat indikasi penyaluran ilegal ke toko kelontongan yang menjual kembali dengan harga Rp 30.000 – Rp 35.000 per tabung.

Baca Juga  Ternyata : Kebakaran di Jalan Lakitan Lubuklinggau Diduga Milik Penimbun BBM

Ipda Dodi menjelaskan bahwa jika masih ditemukan pelanggaran di masa mendatang, akan diambil tindakan tegas berupa proses hukum dan pencabutan izin usaha. Ini sebagai langkah keras dalam menegakkan aturan dan melindungi konsumen dari praktik yang merugikan.

Baca Juga  Inovasi Jum'at Curhat, Terus Dilakukan di Wilayah Hukum Polres Pagar Alam

Penegakan aturan ini mendapat dukungan dari masyarakat yang mengeluhkan harga yang melambung tinggi menjelang perayaan Lebaran. Kepedulian Polres Lubuk Linggau dalam menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat jelang Hari Raya. (**)

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Daerah

Aldi : Pembangunan Kabupaten Lahat Sudah Berjalan Sesuai Program

Daerah

Aksi Damai LSM PEKAT Minta Penegak Hukum Usut Tuntas Dugaan Korupsi

Daerah

Tanabang Ilir Kampanye Aksi Gizi Isi Piringku Dengan Protein Hewani, Cegah Stunting Memperingati Hari Gizi Nasional

Daerah

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2023 di Kecamatan Muara Kuang

Daerah

Bantuan Rutilahu Dinas Sosial untuk Penerima Manfaat Desa Air Hitam di Salurkan Langsung

Daerah

Bupati Musi Rawas Kukuhkan Forum Dulur Behame Kecamatan Tuah Negeri

Daerah

Kerusakan Jalan Penghubung Desa Tanjung Sanai 2 Menuju Desa Air Kati Masyarakat Berharap Ada Perbaikan

Daerah

Selain Jalan Rusak, Pengguna Jalan Desa Derati Menuju Desa Tanjung Gelang Rejang Lebong, Keluhkan Tebas Bayang Tidak Berjalan