Home / Cerita Rakyat

Kamis, 7 September 2023 - 16:00 WIB

2 Cerita Rakyat Kerajaan Sriwijaya

2 Cerita Rakyat Kerajaan Sriwijaya - foto dok kompascom

2 Cerita Rakyat Kerajaan Sriwijaya - foto dok kompascom

Cerita rakyat tentang Kerajaan Sriwijaya merupakan bagian penting dari warisan budaya Indonesia. Salah satu cerita rakyat yang terkenal adalah legenda Putri Selendang Mayang. Berikut adalah ringkasan cerita tersebut:

Pada zaman dahulu kala, di Kerajaan Sriwijaya, hiduplah seorang putri yang sangat cantik bernama Selendang Mayang. Dia terkenal dengan selendang yang selalu ia kenakan, yang memiliki kekuatan magis.

Dalam legenda ini, Putri Selendang Mayang adalah putri dari Raja Sriwijaya yang sangat cantik. Ia sering kali mengenakan selendang indah yang selalu bersinar. Suatu hari, seorang pemuda bernama Bujang Tanjung jatuh cinta pada Putri Selendang Mayang dan berusaha mendekatinya.

Untuk mendekati Putri tersebut, Bujang Tanjung meminta bantuan dukun. Dukun itu memberikan sebuah selendang khusus yang dapat membuat pemakainya tidak terlihat. Dengan selendang itu, Bujang Tanjung berhasil mendekati Putri dan memintanya untuk menikah. Namun, Putri Selendang Mayang menolaknya.

Baca Juga  Kumpulan Cerita Rakyat Banten Terpopuler

Bujang Tanjung sangat sedih dan memutuskan untuk pergi ke hutan untuk menyendiri. Di sana, ia bertemu dengan seekor burung hantu yang mengungkapkan bahwa Putri Selendang Mayang sebenarnya sudah ditakdirkan untuk seorang raja dari luar negeri. Burung hantu tersebut memberikan nasihat kepada Bujang Tanjung untuk melepaskan cintanya dan menjalani takdirnya sendiri.

Bujang Tanjung akhirnya menerima nasihat tersebut dan melepaskan cintanya pada Putri Selendang Mayang. Dia kembali ke desanya dan akhirnya menjadi seorang raja yang bijaksana. Putri Selendang Mayang akhirnya menikahi raja dari luar negeri seperti yang sudah ditakdirkan.

Legenda Putri Selendang Mayang mengandung pelajaran tentang cinta, takdir, dan pengorbanan. Cerita ini juga mencerminkan kekayaan budaya Sriwijaya dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam masyarakatnya.

 

Sriwijaya Dongeng Pulau Emas dan Runtuhnya Dunia Air
Dalam cerita dongeng yang legendaris, ada sebuah kisah tentang “Pulau Emas” dan “Runtuhnya Dunia Air” yang terkait dengan Kerajaan Sriwijaya. Inilah versi singkat dari cerita tersebut:

Baca Juga  Cerita Rakyat Suku Lamaholot: Legenda Ile Mandiri di Flores Timur

Dahulu kala, pada zaman kerajaan Sriwijaya yang makmur, terdapat sebuah pulau tersembunyi yang dikenal sebagai “Pulau Emas.” Pulau ini konon dihiasi dengan berlian, permata, dan emas yang bersinar-sinar. Keindahannya melebihi segalanya yang pernah dilihat oleh manusia.

Penguasa Sriwijaya yang bijaksana, Raja Bumi yang Adil, pernah mendengar tentang Pulau Emas ini. Dia memimpikan kekayaan dan kemakmuran yang akan dibawa pulang dari pulau itu. Maka, dia memerintahkan kapal-kapal perangnya untuk mencari pulau tersebut.

Kapal-kapal tersebut berlayar menuju arah yang diketahui, mengikuti legenda pulau ini. Namun, semakin dekat mereka berlayar ke lokasi yang disebutkan, semakin gelap langit menjadi, dan badai mulai melanda. Angin dan ombak yang kuat hampir membuat kapal-kapal tenggelam.

Baca Juga  Legenda Klasik Aceh: Kisah Tujuh Anak Pria dan Putra Mahkota

Raja Bumi yang Adil menyadari bahwa upayanya adalah tindakan yang tamak, dan dia memerintahkan kapal-kapalnya untuk kembali ke Sriwijaya. Saat mereka kembali, pulau tersebut menghilang dalam kabut, dan dunia air mulai kembali normal.

Kisah ini mengandung pesan moral yang kuat tentang kerendahan hati, penghormatan terhadap alam, dan dampak buruk dari kelalaian dan ketamakan. Raja Bumi yang Adil menyadari pentingnya kebijaksanaan dan tidak mengejar harta duniawi dengan melupakan nilai-nilai yang lebih penting dalam hidupnya. Cerita ini juga mencerminkan rasa hormat dan kekaguman terhadap keindahan alam dan keajaiban dunia.

Cerita tentang “Pulau Emas” yang hilang dan “Runtuhnya Dunia Air” adalah salah satu cerita rakyat yang menceritakan peristiwa fantastis dan mengandung pesan moral yang mendalam dalam konteks budaya Kerajaan Sriwijaya.

Share :

Baca Juga

2 Cerita Rakyat Dari Jambi yang Terkenal

Cerita Rakyat

2 Cerita Rakyat Dari Jambi yang Terkenal
Cerita Rakyat Maluku yang Paling Terkenal

Cerita Rakyat

Cerita Rakyat Maluku yang Paling Terkenal

Cerita Rakyat

Kisah Mistis Pantai Parangkusumo: Mitos Kerajaan Gaib Ratu Pantai Selatan
Cerita Rakyat Jawa Tengah Terpopuler dan Sinopsisnya

Cerita Rakyat

Cerita Rakyat Jawa Tengah Terpopuler dan Sinopsisnya

Cerita Rakyat

Kisah Tragis Putri Pukes di Kutuk Menjadi Batu
Cerita Rakyat Legenda dari Gorontalo

Cerita Rakyat

Cerita Rakyat Legenda dari Gorontalo
Inilah Cerita Rakyat yang Terkenal di Kepulauan Riau

Cerita Rakyat

Inilah Cerita Rakyat yang Terkenal di Kepulauan Riau
Legenda Batu Babi dan Anjing: Kisah Unik di Dunia Purbakala

Cerita Rakyat

Legenda Batu Babi dan Anjing: Kisah Unik di Dunia Purbakala