Home / Nasional

Selasa, 18 Agustus 2020 - 01:31 WIB

Aksi di HUT RI ke 75 oleh Penggiat Seni Bengkulu

Bengkulu RI MEDIA – Berbagai cara masyarakat memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 75 ini (17/08/20), dari menyambut dengan semangat, sukacita dan lain sebagainya.

Beberapa Penggiat Seni, Penggiat Literasi dan Aktivis Bengkulu melakukan aksi teatrikal dengan tajuk “Ngebat Kemerdekaan”. Aksi tersebut dilakukan di depan Taman Makam Pahlawan Balai Buntar Kota Bengkulu (17/08/20), dengan adegan membungkam tubuh dengan isolasi, diiringi dengan bait-bait pusi.

Baca Juga  20 Ribu PKL dan Warung Dapat BLT

Aksi yang berlangsung kurang lebih 1 jam tersebut digagas oleh Zhuan, Medi dan Oky Alex, yang mana Zhuan Zhualian dan Cik Meydi Performance Art, serta Andes Beta dan Endang Setiawan penampilan puisi.

Salah Satu Penggagas Aksi, Oky Alex menjelaskan; “Ini bentuk keprihatinan kami dengan kondisi bangsa yang berulang tahun ke 75, tapi masih banyak masyarakat masih jauh dengan kata sejahtera, korupsi merajalela, ditambah lagi Omnibus Law terkesan dipaksakan, yang mana mementingkan kepentingan kapitalis pemilik modal”, jelas Oky.

Baca Juga  Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Bengkulu Masa Bhakti 2021-2026 Siap KBN 2022

Oky Alex juga menjelaskan, aksi tersebut juga merupakan bentuk keprihatinan dengan Pemerintah, dengan keseriusan Pemerintah dalam menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM.

Baca Juga  LaNyalla: HPN Harus Jadi Momentum Bangun Persatuan Bangsa

“Refleksi dari aksi kami ini bagaimana kita melihat Indonesia belum menikmati buah manis dari arti Kemerdekaan ke 75 tahun”, tutup Pemuda yang aktif di kegiatan literasi ini.

Dengan kegiatan aksi ini, para penggiat seni berharap dapat menjadi refleksi bersama dan kritik terhadap Pemerintah kedepan. Dan menjadi motivasi untuk masyarakat dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. (okt)

Share :

Baca Juga

Nasional

Sultan Silahturahmi dan Bukber Bersama Tokoh Masyarakat di Bengkulu Utara

Nasional

Positif Narkoba, Artis Js Minta Maaf

Nasional

Gelar Aksi Tanam Seribu Pohon, PWI Provinsi Bengkulu Ajak Masyarakat Merawat Lingkungan

Nasional

Bajapuik, Tradisi Unik Pernikahan Bumi Pariaman

Nasional

Ngobrol @Tempo, Walikota Helmi : Investasi di Kota Bengkulu Sangat Mudah dan Terbuka, Investor Lokal dan Asing Berdatangan

Nasional

Gubernur Rohidin dan Para Gubernur se Indonesia Tanam Pohon di Titik Nol IKN

Nasional

Sefty Yuslinah Sosok Pemimpin Yang Dibutuhkan Kota Bengkulu

Nasional

BNPT: Milenial, Saring Dulu Baru Posting