Home / Nasional

Selasa, 4 Januari 2022 - 21:56 WIB

Aksi Penolakan Tambang Pasir Besi di Kantor Gubernur Bengkulu

Bengkulu – Puluhan massa aksi yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Pesisir Barat Sumatera melakukan aksi “Mimbar Rakyat” di depan kantor Gubernur Bengkulu, Senin (3/1).

Dalam aksinya, mereka menuntut Gubernur Bengkulu untuk menindak tegas tambang pasir besi yang dilakukan PT. Faming Levto Bakti Abadi yang menurut mereka ilegal.]

Selain itu, mereka juga mendesak Gubernur mengeluarkan Rekomendasi Pencabutan Izin Usaha Pertambangan PT. Faming Levto Bakti Abadi ke Kementerian ESDM.

Baca Juga  Waspada, Modus Penipuan Mengatasnamakan Penerimaan CPNS Kemenkumham

Menyikapi hal itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan akan mengambil sikap terkait konflik yang terjadi antara masyarakat pasar Seluma dan lima desa penyangga lainnya di Kabupaten Seluma dengan pihak tambang pasir besi PT. Faming Levto Bakti Abadi.

Namun, kata Gubernur Rohidin, sebelum dirinya mengambil tindakan tegas terkait polemik tambang tersebut, jika tambang tersebut memang melakukan tiga hal yang bertentangan.

Untuk itu, Gubernur meminta massa aksi yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Pesisir Barat Sumatera, dapat menyiapkan dan menyampaikan dokumen serta data matriks dalam waktu dekat.

Baca Juga  Abdullah Puteh Hadiri Gernas BBI Serta Tinjau SUPM Ladong serta Poltek Kelautan dan Perikanan

“Saya akan mengambil sikap sebagai kepala daerah sekaligus sebagai perwakilan pemerintah pusat, maka ketika ada persoalan terkait rusaknya fungsi lingkungan maka rusaknya yang mana tunjukan datanya ke kita,” kata Gubernur Rohidin, di hadapan massa aksi.

Kemudian, lanjutnya, jika yang terganggu kantibmas siapa yang terganggu, maka buatkan datanya lampirkan dan sampaikan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Baca Juga  Siap-Siap, Disdik Sidak Persiapan Prokes Sekolah

Begitupun jika pada sisi regulasinya, jika memang melanggar baik dari tahapan maupun aturannya bisa disampaikan data dan dokumennya.

“Jika ini ada data matriksnya maka saya dapat menyimpulkan apakah memang layak dihentikan, memang justru izinnya harus ditahan atau malah sebaliknya jika memang tidak ada persoalan maka akan tetap dilanjutkan investasinya,” jelas Gubernur.

Share :

Baca Juga

Nasional

Pertemuan CMGF 3 Negara, Provinsi Bengkulu Kenalkan Potensi Wisata dan Energi
Polsek Balikpapan Utara Memperkuat Keamanan melalui Patroli Dialogis

Nasional

Polsek Balikpapan Utara Memperkuat Keamanan melalui Patroli Dialogis

Nasional

Sosialisasi Penyetaraan Jabatan Fungsional, Helmi : Bagian dari Pusat, Kita Harus Mengikuti

DPD RI

41 Napi Tewas usai Lapas Tangerang Terbakar, Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi Angkat Bicara

DPD RI

Ketua DPD RI: Kunci Pemberantasan Narkoba Adalah Kesadaran Bersama

Nasional

Silaturahmi, Wawali Harap Sopir Ambulance Dapat bekerja Ikhlas

DPD RI

Bunga Utang Mencekik Daerah, Sultan Minta PT SMI Jangan Jadi Lintah Darat

DPD RI

Silaturahmi Bersama BEM-Nus, Sultan Minta Mahasiswa Melek Konstitusi