Home / Nasional

Minggu, 24 September 2023 - 12:03 WIB

Antisipasi Penyusupan Dan Penyelundupan: Satgas Yonif 122/TS Pos Kalimo Kembali Gelar Pemeriksaan

Papua – Dalam upaya menjaga keamanan dan mengendalikan peredaran barang ilegal di wilayah perbatasan Republik Indonesia – Papua Nugini, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG Sektor Utara Yonif 122/TS, yang berada di bawah naungan Korem 172/ATW, Pos Kalimo, Papua, kembali menggelar kegiatan pemeriksaan sepanjang jalan raya. Kegiatan ini dilaksanakan di Kp. Kalimo, Distrik Waris, Kabupaten Kerom, pada hari Minggu, 24 September 2023.

Pemeriksaan ini dipimpin oleh Wadanpos Serda Albari Zega beserta anggota Pos Kalimo yang bertugas. Mereka melaksanakan pemeriksaan terhadap kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi jalan raya tersebut. Rute yang dipilih merupakan jalan umum yang menghubungkan Jaya Pura dan Wamena, yang sering digunakan untuk pergerakan barang dan orang.

Baca Juga  Berikut Kepala Desa Terpilih Dari 59 Desa Kabupaten Musi Rawas Dalam Pemilihan Serentak Yang Dilaksanakan 8 Maret 2023

Wadanpos Pos Kalimo menjelaskan, “Seluruh pengguna jalan yang melintas di sini diwajibkan untuk berhenti dan turun dari kendaraan saat dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dilaksanakan dengan sopan, namun apabila ditemukan barang yang mencurigakan, barang tersebut akan diturunkan dan diperiksa lebih lanjut.”

Selain melakukan pemeriksaan terhadap muatan kendaraan, anggota Pos Kalimo juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang melintas agar ikut serta dalam menjaga keamanan wilayah tersebut. Mereka ditekankan untuk menghindari peredaran barang-barang ilegal, terutama minuman keras (Miras) dan narkotika.

Baca Juga  LaNyalla: Impor Bukan Solusi atas Tingginya Harga Jagung

Tujuan utama dari kegiatan pemeriksaan ini adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat di Kp. Kalimo, Distrik Waris, Kabupaten Kerom. Upaya ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan akibat peredaran barang ilegal dan upaya penyusupan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Dansatgas Mayor Inf Diki Apriyadi, S, Hub.Int, menekankan bahwa tugas pokok Satgas Yonif 122/TS adalah menjaga keutuhan wilayah perbatasan darat RI-PNG. Mereka melaksanakan pengamanan dengan berbagai cara, termasuk pemeriksaan jalan lintas, patroli patok, dan patroli jalur perlintasan ilegal. Semua ini dilakukan dengan tujuan mencegah penyusupan dan penyelundupan yang dapat merugikan keamanan wilayah tersebut.

Baca Juga  PPDI Jatim Siap Sinergi dengan DPD RI Perjuangkan Kesejahteraan Perangkat Desa

Dengan upaya yang terus dilakukan oleh Satgas Yonif 122/TS Pos Kalimo, diharapkan perbatasan RI-PNG dapat tetap aman dan terkendali, serta masyarakat dapat merasa aman dalam menjalani aktivitas sehari-hari di wilayah tersebut. (**)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Biaya Pemilu 2024 Capai 150 T, DPD RI: Pemilu Langsung Seperti Industri dalam Demokrasi

Nasional

Prestasi, Pemprov Bengkulu Masuk 10 Besar Nasional E-Government

Nasional

Pasca Kebersihan Wisata Taman Remaja, Pedagang : Alhamdulillah

DPD RI

Sultan Minta Pemerintah Cabut Penghargaan Satyalancana Wira Karya Dari Ketua Pengawas KSP Sejahtera Bersama

Nasional

KNPI Bangun Sinergitas Bersama Dinas Pariwisata Menuju Kota Wisata Bahagia

Nasional

Terima Audiensi Yayasan Fatmawati Soekarno, Wagub Rosjonsyah Tekankan Komitment Atasi Stunting

DPD RI

Ketua Komite I DPD RI Pimpin Kunjungan dan Rapat Kerja di Mabes Polri

Nasional

Dinas PUPR akan Melakukan Perbaikan Jalan di Kota Bengkulu