Home / Nasional

Senin, 26 April 2021 - 15:21 WIB

Bang Ken : Regulasi Covid-19 Tak Dikawal Kasus Melonjak

Bengkulu ri.media.id – Anggota DPD RI, H. Ahmad Kanedi menilai, berbagai regulasi telah dikeluarkan pemerintah dalam rangka mencegah penularan Covid-19, belum diberikan pengawalan secara maksimal.

Contohnya saja, pada saat resepsi atau pesta pernikahan, yang telah diperbolehkan pemerintah, tapi tetap dengan catatan, penerapan protokol kesehatan (Prokes) ataupun langkah-langkah lainnya, yang diyakini dapat mencegah penyebaran atau penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Bahkan faktanya, belum sepenuhnya himbauan pemerintah yang dituangkan dalam bentuk regulasi itu, dipatuhi atau ditaati.

Baca Juga  Diduga Tak Kunjung Ganti Rugi Lahan, Akses Utama PT Agro Muko Air Buluh Estate Diblokir Warga

“Kita bisa lihat sendiri, misalnya dari segi makan undangan saja. Seharusnya diberikan nasi kotak dan makan di rumah, namun masih ada yang menyediakan makan dengan prasmanan,” kata Kanedi.

Menurut Kanedi, terkait hal seperti itu memang tidak bisa hanya menyudutkan penyelenggara ataupun keluarga yang menggelar resepsi pernikahan. Mengingat sampai saat ini terjadi juga, karena lemahnya pengawalan ketika regulasi yang telah dibuat. Seharusnya Satgas Penanganan Covid-19 yang mengawasinya, karena hal seperti itu tidak bisa dianggap sepele.

Baca Juga  Pemkot Lubuklinggau Hadiri Rapat Sinkronisasi Program Pembinaan Ideologi Pancasila

“Kita sebanarnya miris dengan kondisi sedemikian, dan kedepannya harus kita perbaiki bersama-sama. Tanpa pengawalan, pasti regulasi itu tidak bakal menumbuhkan kepatuhan pada masyarakat. Apalagi setelah Idul Fitri ini, pasti banyak masyarakat yang menggelar pesta pernikahan dan pemerintah harus mengawal secara ketat,” ujar pria yang akrab disapa Bang Ken pada Senin, (26/4/2021).

Baca Juga  Waspada, Modus Penipuan Mengatasnamakan Penerimaan CPNS Kemenkumham

Kendati demikian ia tetap mengajak masyarakat untuk senantiasa mematuhi dan berdisipli dalam menerapkan prokes. Mengingat sampai dengan saat ini pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. Oleh karena itu Covid-19 ini harus di lawan bersama, dan bukan hanya menjadi tanggungj awab pemerintah saja.

‚ÄúPenerapan prokes sebagai salah satu upaya melawan bersama-sama. Makanya prokes harus selalu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Kanedi. (***)

Share :

Baca Juga

Nasional

Ustadz Das’ad Latif : Jangan Pelit, Ini Keajaiban Sedekah

Nasional

Airlangga Hartarto Menghadiri Acara Wisuda ke XX IT Del di Toba Samosir, Sumatera Utara

Nasional

Pariwisata Bumi Rafflesia Didukung ASPPI dan ASITA

DPD RI

Waket DPD RI Dorong Kejaksaan Banding Vonis Nihil Terpidana Asabri

Nasional

Wakil Walikota Bersama Baznas Menyerahkan Bantuan Kepada Warga yang Membutuhkan

DPD RI

Ketua DPD RI Dorong Realisasi Proyek Strategis Nasional di Jatim

Nasional

Gelar Open Turnamen Badminton Cup, Wawali Bangga dengan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu

Nasional

Kepala SMA Negeri 4 Lubuklinggau Memantau Langsung Pelaksanaan USP