Home / DPD RI / Nasional

Rabu, 8 September 2021 - 19:13 WIB

BAP DPD RI Tindak Lanjuti Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2020 BPK RI

Jakarta ri-media.id – BAP DPD RI menggelar secara virtual RDP dengan PT Perkebunan Nusantara XIV untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan semester II Tahun 2020 BPK RI, Rabu (8/9).

Wakil Ketua BAP DPD RI Asyera Wundalero Senator NTT menjelaskan salah satu tugas BAP DPD RI adalah melakukan penelaahan dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK RI yang berindikasi kerugian negara yang disampaikan kepada DPD RI. BAP DPD RI dapat meminta penjelasan atau klarifikasi BPK RI, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan lembaga lain terkait penelaahan hasil pemeriksaan BPK RI yang menindikasikan kerugian negara.

Baca Juga  DPD RI Bentuk Tiga Pansus pada Sidang Paripurna di Awal Tahun 2022

Terkait hal tersebut, Asyera menjelaskan, berdasarkan telaahan BAP DPD RI bahwa hasil pemeriksaan BPK terdapat beberapa catatan krusial yang memerlukan penjelasan komprehensif dari pihak PT Perkebunan Nusantara XIV.

“Kami ingin mendengarkan pandangan dan penjelasan secara komprehensif terkait tindak lanjut Ikhtisar dan capaian serta kendala yang dihadapi dalam menindaklanjuti Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2020 BPK RI di PT Perkebunan Nusantara XIV,” jelasnya.

Baca Juga  Komite IV DPD RI Mendorong Tata Kelola Keuangan Pusat dan Daerah yang Transparan, Bertanggung Jawab dan Berkeadilan

Direktur PT Perkebunan Nusantara XIV Suhendri memaparkan dasar pemeriksaan BPK RI terhadap PT Perkebunan Nusantara XIV.

“Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI berdasarkan Surat Tugas BPK RI Nomor 05/ST/IX-XX/2020 tanggal 7 Februari 2020 dengan waktu pemeriksaan selama 60 hari dengan tujuan pmeriksaan kepatuhan atas pengelolaan pendapatan, biaya, dan tagihan Investasi Tahun 2018 dan 2019,” paparnya.

Edwin Pratama Putra Wakil Ketua BAP DPD RI Senator Riau menekankan bahwa pertemuan dengan PT Perkebunan Nusantara XIV bertujuan untuk mendukung kinerja PT Perkebunan Nusantara XIV ke depan agar setiap rekomendasi yang diberikan oleh BPK RI dapat diselesaikan.

Baca Juga  Publik Heboh dengan Robohnya Pagar Stadion Mini di Bengkulu Saat Kunjungan Jokowi, Ada Apa,,?

“Kami harapkan agar Direktur PT Perkebunan Nusantara XIV dapat segera menindaklanjuti temuan-temuan yang direkomendasikan oleh BPK ini agar tidak terjadi lagi peningkatan potensi kerugian dan kinerja PT Perkebunan Nusantara XIV dapat ditingkatkan,” tegasnya.

Share :

Baca Juga

Nasional

Diskominfotik Provinsi Bengkulu Raih Predikat Best Question pada Rakor SDI 2022

Advertorial

Ketua DPD RI Apresiasi Pemberdayaan Ekonomi Perempuan di Jatim saat Pandemi

DPD RI

PLN Over Supplay, Sultan Minta Pemerintah Moratorium Pembangunan Pembangkit Listrik

Nasional

Kenduri Pantai Ipuh, Nelayan Butuh Diperhatikan Pemerintah

DPD RI

Komite IV DPD RI Paparkan Pandangan Terhadap RUU HKPD ke Komisi XI dan Pemerintah

Nasional

Wagub Sumsel Bertindak sebagai Irup dalam Peringatan Harhubnas

Nasional

Tinjau BBM di Bengkulu, Menteri ESDM Turun Langsung ke Beberapa SPBU

Nasional

Wacana PTS Mahasiswa di Bawah 1000 akan Dimerger, SBN : Cabut Izin Kampus yang Tidak Memiliki Mahasiswa