Home / Nasional

Senin, 20 September 2021 - 07:26 WIB

Beredar Edaran Penerima Bantuan Pesantren, Kemenag: Hoaks

Jakarta ri-media.id – Beredar surat Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) No B-2563/DJ.I/Dt.I.V/HM.13/09/2021 tertanggal 13 September 2021 tentang Edaran Penerima Bantuan Pesantren dan Pendidikan Keagamaan Islam Tahun Anggaran 2021 Periode II.

Surat tersebut ditujukan kepada pimpinan ormas/asosiasi pesantren dan pendidikan keagamaan Islam, Kepala Kanwil Kemenag Cq Kepala Bidang PD Pontren/PAKIS/PENDIS/TOS, Kepala Kankemenag Cq Kepala Seksi PD Pontren/PAKIS/PENDIS/TOS, dan pimpinan pesantren dan pendidikan keagamaan Islam.

Baca Juga  Duka Nanggala 402, TNI AL Bengkulu Gelar Shalat Ghaib

Salah satu point yang tertera dalam badan surat berbunyi bahwa pengajuan bantuan/penerima bantuan dapat disampaikan dalam bentuk cetak (hard copy) dan/atau berkas digital (soft copy) melalui: a. Pemberi Bantuan; b. Diteruskan kepada pemberi bantuan Rp30.000.000,- diperuntukkan 2 lembaga; c. Menghadiri acara Program Bantuan Tunjangan di Kemenag RI.

Direktur PD Pontren Waryono memastikan bahwa surat tersebut tidak benar alias hoaks. “Itu surat palsu. Informasinya tidak benar dan menyesatkan, alias hoaks,” tegas Waryono di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Baca Juga  Wawali Didampingi Camat Singaran Pati Bagikan Paket Beras dan Sarung Kepada Warga

Selain secara subtansi informasi dalam surat tersebut tidak benar, lanjut Waryono, secara teknis administratif, penulisan surat tersebut juga tidak sesuai standar. Bahasa yang digunakan membingungkan dan formatnya juga tidak sebagaimana mestinya.

“Kalau ada para pihak yang menerima surat tersebut, agar diabaikan saja. Atau, silakan konfirmasi ke Kankemenag Kab/Kota terdekat,” tandasnya.

Baca Juga  Jadi Kebutuhan Krusial Era Digital, Pemprov Bengkulu Segera Bangun Ruang Command Center

Waryono menambahkan, pihaknya memang tengah menggulirkan program bantuan untuk pesantren dan pendidikan keagamaan Islam. Namun, pengajuan proposal bantuan tersebut sudah ditutup pada 10 September 2021. Untuk lebih jelasnya, informasi seputar bantuan pesantren bisa diakses melalui melalui aplikasi layanan bantuan pada laman https//:ditpdpontren.kemenag.go.id/layanan/.

Humas Kemenag

Share :

Baca Juga

Nasional

Wakil Walikota Sabang Tertarik Adopsi Program Helmi Dedy

Nasional

Gubernur Herman Deru Dorong HAPI Tingkatkan Kadarkum di Sumsel

Nasional

Gakkumdu Kota Bengkulu : Ada Potensi Pelanggaran Pidana di Tahapan Pendaftaran Calon

DPD RI

Waket DPD RI: Negara Wajib Kontrol Aktivitas R&D, Tapi Tidak Boleh Didikte

Nasional

PWI Bengkulu Gelar UKW Gratis, Meriahkan HPN 2022

Nasional

Bersama Bupati, Dandim Kutai Kartanegara Kunjungi Lokasi Kebakaran

Nasional

Berkah Ramadhan 1443 H, ICMI Wilayah Bengkulu Laksanakan Program Berbagi

Nasional

BNPT: Milenial, Saring Dulu Baru Posting