Home / Nasional

Rabu, 8 September 2021 - 15:48 WIB

Cium Indikasi Eksploitasi Anak, Wawali Minta DP3APPKB dan Dinsos Turun ke Jalan

Bengkulu ri-media.id – Di Kota Bengkulu sejak beberapa bulan terakhir banyak anak-anak yang jadi gelandangan dan pengemis, terutama di jalan dan di simpang lampu merah. Oleh karena itu, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi perintahkan dinas terkait saling koordinasi dan cek ke lapangan karena ada indikasi eksploitasi anak.

Ini disampaikan Dedy saat menghadiri acara perayaan Hari Anak Nasional di Raffles Hotel, Kamis (8/9/2021). Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bengkulu Dewi Dharma dan pihak dari Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA)

Baca Juga  PKB dan NasDem Bersama-sama Berkunjung ke PKS

“Nanti saya minta kepada DP3APPKB segera koordinasi dengan dinas sosial untuk cek anak-anak terlantar, anak korban kekerasan, terutama yang banyak di simpang-simpang jalan karena kita khawatir ada indikasi eksploitasi anak, karena sepertinya ini sudah terorganisir,” kata Dedy.

Termasuk juga anak-anak yang tidak sekolah yang sering didapati sedang mabuk seperti menghisap lem, minum obat batuk cair buat mabuk, ngamen, dan lainnya. Sebab anak-anak usia sekolah itu mestinya tidak berada di jalanan. Apalagi yang usianya masih kanak-kanak.

Baca Juga  Babinsa Panca Jaya Lakukan Pendampingan Petani Tomat

Dedy minta DP3APPKB dan dinas sosial lebih memperhatikan anak-anak tersebut. Kalau mereka benar-benar terlantar, maka pemerintah hadir untuk mengangkat mereka. Jika terbukti mereka dieksploitasi atau disuruh bekerja mencari uang baik oleh orangtuanya sendiri maupun oleh orang lain yang bukan orang tuanya, maka Pemkot Bengkulu akan melaporkan ke pihak kepolisian.

“Kenapa kita harus lebih memperhatikan anak-anak, karena masa depan anak-anak adalah harapan dan impian kita semua sehingga harus kita bantu wujudkan sama sama. Anak-anak saat inilah yang nanti kita harapkan kreatif dan mampu menjawab tantangan global,” demikian Dedy.

Baca Juga  Banjir Kota Bengkulu, KNPI Salurkan Puluhan Dus Air Mineral

Diakhir acara perayaan Hari Anak Nasional, Dedy menyerahkan piagam penghargaan kepada anak-anak LPKA dan siswa/i yang menang lomba, yayasan KIPAS dan lembaga anak lainnya serta memberikan ijazah pakt B dan pakt C kepada anak warga LPKA.

Kominfo Kota Bengkulu

Share :

Baca Juga

DPD RI

Waket DPD RI Dorong Kejaksaan Banding Vonis Nihil Terpidana Asabri

Nasional

Sinkronisasi 18 Program Prioritas, Wagub Bengkulu: ESDM Harus Bisa Capai Target PAD

Nasional

Idul Fitri 1443 H, KNPI Kota Bengkulu Kumpulkan dan Salurkan Zakat Fitrah

Nasional

Tingkatkan Pelayanan, Bengkulu Utara Gelar Rakor Rencana Pembentukan Perbup SPM

Nasional

Ketum ISSI Lubuklinggau Periode 2022-2026 Dijabat Febrio Fadilah

Nasional

Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Sungai Penuh

Nasional

Pemkot akan Koordinasi dan Tanyakan Stok ke Pertamina Terkait Kelangkaan Solar

Nasional

HMI Cabang Bengkulu Siap Support Octi Avri Negara Menjadi Ketua Umum KOHATI PB HMI