Home / Wisata

Jumat, 29 September 2023 - 17:38 WIB

Danau Poso: Mengungkap Keunikan dan Potensi Wisata Dunia

Indonesia, dengan kekayaan geologis, hayati, dan budayanya yang melimpah, telah menjadikannya salah satu destinasi konservasi, edukasi, dan pariwisata yang menarik. Salah satu harta karun geologis yang luar biasa adalah Danau Poso, yang kini menjadi pusat perhatian sebagai mungkin destinasi wisata unggulan berikutnya di Indonesia. Terletak di Sulawesi Tengah, Danau Poso mempesona dengan segala keunikannya.

Danau Poso, yang berada di peringkat ketiga terbesar di Indonesia setelah Danau Toba dan Danau Singkarak, menawarkan lebih dari sekadar ukuran. Dengan kedalaman mencapai 450 meter, panjang 32 km, dan lebar 16 km, danau ini mencakup area seluas 32.000 hektare yang membentang dari utara ke selatan. Terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut, danau ini terletak strategis di rute jalur utama yang menghubungkan Toraja di selatan dan Gorontalo-Manado di utara.

Baca Juga  Wisata Liang Bua: Menyelami Keajaiban Gua di Flores

Keunikan utama Danau Poso adalah warna pasirnya yang berkilauan seperti emas dan gelombang airnya yang mirip dengan laut. Akan tetapi, yang paling mencengangkan adalah perubahan warna airnya. Di pinggir danau, air berwarna hijau, sementara di tengahnya, warnanya berubah menjadi biru, menciptakan pemandangan yang memesona.

Tidak mengherankan, banyak pihak di Sulawesi Tengah tertarik untuk mengembangkan Danau Poso menjadi destinasi wisata unggulan. Rencana ini mencakup transformasi danau ini menjadi warisan geologi dan taman bumi atau geopark. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, Diah Agustiningsih, telah mengusulkan penetapan Danau Poso sebagai warisan geologi kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), langkah pertama menuju pengembangan geopark.

Baca Juga  Danau Depati Empat: Pesona Alam Mampu Menghipnotis Pengunjung

Masyarakat dari berbagai lapisan, termasuk agamawan, peneliti, dan sejarawan, mendukung rencana ini. Sebagai informasi tambahan, Indonesia telah memiliki 10 geopark yang diakui dunia hingga tahun 2023. Terbaru, empat geopark baru, termasuk Merangin, Ijen, Maros Pangkep, dan Raja Ampat, telah ditambahkan ke dalam jaringan UNESCO Global Geoparks.

Pengembangan geopark melibatkan tahapan penetapan warisan geologi, perencanaan geopark, penetapan status geopark, dan pengelolaan geopark. Semua ini diatur oleh Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2019 tentang Pengembangan Taman Bumi (Geopark). Danau Poso, dengan warisan geologisnya yang kaya, kekayaan biodiversitas, dan cerita misteri yang melekat padanya, memenuhi syarat untuk dijadikan geopark global UNESCO.

Baca Juga  2 Tempat Wisata Sumbar Untuk Mengisi Liburan Anda

Danau Poso bukan hanya aset berharga bagi Sulawesi Tengah, tetapi juga merupakan potensi wisata dunia yang menunggu untuk diungkap. Transformasi menjadi geopark akan membuka pintu bagi lebih banyak orang untuk menjelajahi keindahan dan keunikan alam Indonesia, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi lokal. Dengan upaya yang tepat, Danau Poso berpotensi menjadi salah satu tujuan wisata terkemuka di dunia.

Editor: Redaksi
Sumber: Indonesia.go.id

Share :

Baca Juga

Wisata

Penemuan Menakjubkan: Danau Laut Tinggal, Permata Tersembunyi di Pegunungan Sumatra Barat

Wisata

Mengungkap Pesona Kali Biru: Destinasi Wisata di Warsambin, Papua
2 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi

Wisata

2 Tempat Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata di Riau Terbaik & Paling Hits Untuk Liburan

Wisata

Tempat Wisata di Riau Terbaik & Paling Hits Untuk Liburan
Destinasi Tempat Wisata di Cianjur dengan Pemandangan Indah

Wisata

Destinasi Tempat Wisata di Cianjur dengan Pemandangan Indah

Wisata

Wisata Danau Aur Musi Rawas, Sumatera Selatan: Keindahan Alam dan Sejarah yang Mempesona
2 Objek Wisata Yang Perlu Anda Kunjungi Ketika di Banda Aceh

Wisata

2 Objek Wisata Yang Perlu Anda Kunjungi Ketika di Banda Aceh
Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara yang Populer

Wisata

Tempat Wisata di Sulawesi Tenggara yang Populer