Home / Nasional

Sabtu, 28 Maret 2020 - 11:19 WIB

Diduga Pakai Dana Desa Untuk Kepentingan Pribadi, DPO Tertangkap

Rejang Lebong RI MEDIA – Kejaksaan Negeri Rejang Lebong berhasil menangkap mantan Kepala Desa Selamet Sudiharjo Kecamatan Bermani Ulu Raya Kabupaten Rejang Lebong (24/3/20), dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa tahun 2019 yang telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) dari September 2019 lalu.

Kepala Kejari Rejang Lebong Conny Tonggo Masdelima didampingi Kasi Intelijen Richard Sembiring di sela-sela pemeriksaan tersangka, Rabu malam, mengatakan jika DPO yang mereka tangkap adalah Su mantan Kepala Desa Selamat Sudiharjo Kecamatan Bermani Ulu Raya dalam kasus dugaan korupsi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dengan nilai mencapai Rp1 miliar.

Baca Juga  Diskusi RECEH, Tema : Penyelesaian PHPU, Sudah Idealkah?

Su ditangkap pada Selasa malam sekitar jam 23.00 WIB di rumahnya, penangkapan tersangka ini bermula dari informasi masyarakat yang menyebutkan jika dia sering pulang ke rumahnya saat maghrib dan pergi lagi menjelang subuh.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara tersangka Su selama ini melarikan diri ke Provinsi Jambi dari informasi beberapa bulan ini Su sering pulang ke rumahnya, pihak Kejari dengan kepolisian melakukan penyelidikan dan pengintaian akhirnya usaha tersebut tidak sia-sia, Saat melakukan penangkapan sempat mendapat hambatan karena pihak keluarga tidak mau membuka gembok pintu pagar akhirnya pihak Kejari bersama Kepolisian  mengeluarkan tembakan peringatan, barulah pihak keluarga membuka pintu pagar. Su dijerat dengan pasal 2 dan 3 UU Tipikor dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Baca Juga  Desa Wisata Anggut Atas dan Berkas Terima Penghargaan Desa Binaan dari Kemenparekraf RI

Sementara dari hasil pemeriksaan sementara diketahui jika uang negara yang diselewengkan tersangka digunakan untuk kepentingan pribadi. Selain itu, penyelewengan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang diterima Desa dugaan ada melibatkan orang lain sedang dalam pengembangan.

Baca Juga  Rangkul Pemuda, Rohidin Mersyah Ajak Pemuda KNPI Sahur Bareng

Pihak Kejari Rejang Lebong tanggal 5 September 2019 memasukkan mantan Kepala Desa Selamat Sudiharjo Su dalam DPO dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa, Su mengelola Dana Desa dan Alokasi Dana Desa sendirian, tanpa melibatkan Perangkat Desa, setelah dilakukan Audit kegiatan ditemukan kerugian negara lebih dari Rp300 juta, dengan ditemukannya kegiatan fiktif  pembangunan pelapis tebing dan plat deker dari sinilah mulai di kembangkan dugaan penyelewengan tersebut terbongkar.

Jurnalis : 02

Share :

Baca Juga

Nasional

1200 Paket ZIS Dibagikan di Kecamatan Kampung Melayu

Nasional

Wagub Buka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Bengkulu Tahun 2023

Nasional

Pengurus IKTD Provinsi Bengkulu Periode 2022 – 2027 Resmi Dilantik

Nasional

E-Merah Putih, Inovasi Baru Dinas Kominfosan Kota Bengkulu

Nasional

Pemprov Bersama Seluruh Elemen Perkuat Sinergi Kendalikan Lonjakan Covid-19

Nasional

Pelopori Digitalisasi Ekonomi Nasional, Waketum Kadin: Kebijakan Pemerintah Mesti Berpijak Jurus Membumi

Nasional

Call Center 112 Kota Bengkulu Resmi Dilaunching, Walikota-Wawali Ingin yang Berbeda

Nasional

Sampaikan Belasungkawa kepada Keluarga Korban Diterkam Buaya, Gubernur Rohidin Ambil Langkah Strategis