Home / Nasional

Selasa, 18 Januari 2022 - 08:21 WIB

Direktur dan Wadir BLUD Resmi Dilantik, Diminta Optimalkan Kembali Program Samisake

Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan memastikan program bantuan dana bergulir satu miliar satu kelurahan (samisake) kembali dilanjutkan. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya pelantikan dan sumpah jabatan pejabat pengelola direktur dan wakil direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Samisake Kota Bengkulu periode masa jabatan 2020-2025 yang berlangsung di ruang hidayah, kantor Walikota, Senin (17/1/2022).

Karena, kendati Kota Bengkulu masih diselimuti musibah dengan adanya virus Covid-19. Walikota Bengkulu Helmi Hasan tetap mengiginkan roda ekonomi di Kota Bengkulu tetap berputar melalui program-program Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dan Pemerintah Pusat.

Pelantikan yang dilakukan oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Arif Gunadi dan Asisten II Saipul Apandi memutuskan Supran sebagai Direktur dan Agus Hermawan sebagai Wakil Direktur BLUD Samisake.

Baca Juga  Kadet Mahasiswa UNHAN RI - Menhan Prabowo, Cari Solusi Atasi Kesulitan Rakyat

Pada kesempatan ini, Helmi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu selalu memberikan dukungan optimal kepada BLUD samisake dalam memaksimalkan sumber daya alam dan manusia.

“Keunggulan Kota Bengkulu ini sumber daya alam banyak yang luar biasa, seperti sungai, laut dan potensi lainnya. Sungguh disayangkan apabila SDA dan SDM yang bagus tidak dimanfaatkan dan tak ada dukungan yang optimal. Untuk itulah, kita ada program satu miliar satu kelurahan (samisake) di tengah masyarakat untuk memanfaatkannya,” ujar Helmi.

Ia juga membahas sekilas awal mula samisake di hadirkan disetiap kelurahan.

“Dulu saya dari pintu ke pintu, gang ke gang, 9 jam setiap hari dan selama 3 bulan saya menyambangi rumah warga, hampir seluruh rumah. Saya berdialog langsung apa yang menjadi harapan masyarkaat dalam mengentaskan jurang kemiskinan. Maka dari itulah munculah program samisake ini,” ungkapnya.

Baca Juga  Wacana Hukum Mati Pelaku Korupsi Asabri dan Jiwasraya oleh Jaksa Agung, Waket DPD RI: Ini Menjawab Rasa Keadilan Masyarakat

Helmi pun menjelaskan, masyarakat di Kota Bengkulu bukan tak mau maju tapi memang ada beberapa kendala yang menjadi rintangan.

“Ternyata masyarakat itu bukan pemalas, bukan tidak bersemanagat, tetapi terkendala keadilan akses modal. Bicara modal, kita ada Kredit Usaha Rakyat (KUR dari pusat sudah bagus dengan melibatkan perbankan nasional, tetapi ini resapannya sangat rendah, entah apa kendalanya. Untuk itu, harus ada yang dilakukan Pemkot guna mendorong masyarakat dalam persoalan modal,” jelasnya.

Kemudian, Helmi berharap kepada jajaran BLUD samisake lebih bersemangat dalam menghadapi tantangan dan persoalan yang ada.

“Harapan kita mudah-mudahan tantangan dan persoalan bisa terurai dan cari solusi sama-sama. Tetap kerja semangat, torehkan prestasi dan mudah-mudahan dengan kepemimpinan yang baru ini semisake akan tumbuh makin bagus lagi,” tuturnya.

Baca Juga  Salat Sunah - Niat Puasa, UAS Sebut Amalan 24 Jam Saat Ramadan

Sementara ditanya soal penambahan modal, Helmi mengatakan belum ada rencana sampai saat ini, karena akan mengoptimalkan yang dulu.

“Belum ada rencana penambahan, kita ingin optimalkan yang ada dulu. Kan memang ada beberapa yang tidak bagus, ini perlu dievaluasi lagi. Ada yang memang semangatnya luar biasa, capaian-capaian di luar target kita, melampaui target dan ini perlu ditambah lagi. Tapi yang tidak bisa mengoptimalkan yang kemarin tentu kita evaluasi, tapi yang semangatnya bagus ini akan kita dorong lagi,” pungkas Helmi.

Untuk diketahui, pelantikan dan sumpah jabatan pejabat pengelola direktur dan wakil direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) juga dihadiri para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (rls)

Share :

Baca Juga

Nasional

NU Tetapkan 1 Syawal 1443 H Jatuh Pada 2 Mei 2022

DPD RI

Mahyudin: Peran DPD RI yang Ideal Dapat Memantik Pembangunan Daerah

Advertorial

Dukung Aktivitas Digital Pelanggan selama Liburan Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo Siapkan Kapasitas Jaringan 44 Petabyte per Hari

Nasional

BPK Gelar Entry Meeting Pemeriksaan Pendahuluan LKPD Provinsi Bengkulu

Nasional

Korem 041/Gamas Bengkulu Laksanakan Pencanangan Zona Integritas Tahun 2022

DPD RI

Mahyudin: Putusan MK Soal UU Cipta Kerja Tidak Jelas

Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno Konkret Masukkan Produk Ekraf Bengkulu Ke E Katalog Nasional

DPD RI

Bawaslu RI Adakan Call for Paper “Sengketa Kepemiluan”