Home / DPD RI / Nasional

Jumat, 17 September 2021 - 10:14 WIB

Dukung Pembukaan Destinasi Wisata, Ketua DPD RI Minta Pemprov Jatim Perkuat Pengawasan

Jakarta ri-media.id – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung dibukanya kembali destinasi wisata di Provinsi Jawa Timur.

LaNyalla berharap dibukanya kembali sektor pariwisata dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi pada sektor pendukung lainnya.

“Pergerakan ekonomi akan kembali bergeliat dengan dibukanya kembali destinasi wisata di Jatim. Tentu ini akan berdampak positif bagi perputaran ekonomi, terutama UMKM,” ujar LaNyalla, Kamis (16/9/2021).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan, selama PPKM para pelaku UMKM terdampak cukup serius. Tentu kabar baik ini akan membuat mereka dapat mengais rejeki lagi, utamanya bagi UMKM di sekitar lokasi wisata yang selama PPKM sangat merasakan dampaknya karena pembatasan mobilitas warga.

Baca Juga  KNPI Kota Apresiasi Asosiasi Seniman Bengkulu

Meski demikian, LaNyalla mengingatkan pembukaan tempat wisata harus tetap memperhatikan perkembangan status level serta lonjakan angka positif Covid-19.

“Jangan sampai pembukaan tempat wisata malah menjadikan lonjakan positif Covid-19 kembali terjadi,” tutur LaNyalla.

Sebagaimana diketahui, melandainya jumlah positif Covid-19 yang
terjadi di Jatim menjadi alasan dibukanya 154 tempat wisata di Jatim yang sudah dibuka. Tempat wisata dari level 1 dan 2 ada 257 titik dan 154 sudah buka terbatas dan bertahap.

Baca Juga  Agusrin Dijegal?

LaNyalla tetap mengingatkan pada pemerintah untuk melakukan pengawasan ketat terhadap pengelolaan tempat wisata agar tidak menjadi klaster atau pusat penularan Covid-19.

“Pengawasan harus menetapkan sejumlah persyaratan, terutama pengunjung yang telah vaksin minimal sudah mendapatkan satu dosis suntik,” katanya.

Baca Juga  Babinsa Kodim 1002/HST Mendukung Ketahanan Pangan Melalui Pendampingan Panen Padi

Dengan begitu, LaNyalla optimistis pembukaan kembali destinasi wisata tak akan mengganggu kinerja pemerintah yang tengah berupaya keras menurunkan risiko penularan Covid-19 hingga ke level terendah.

LaNyalla juga meminta agar pembukaan destinasi wisata ini dijadikan strategi untuk mempercepat proses penciptaan kekebalan tubuh komunal atau herd immunity melalui vaksinasi.

“Sediakan stan-stan vaksinasi di lokasi destinasi wisata. Jadi, sambil berwisata juga melakukan vaksinasi itu akan menjadi daya tarik bagi masyarakat,” ujar LaNyalla. (***)

Share :

Baca Juga

Nasional

Menkominfo Ajak Jajaran Bersatu Untuk Indonesia Maju

Nasional

Tagih Hutang ke Pihak Ketiga, TPHP Provinsi Bengkulu Beri SKK pada Bidang Datun Kejati

Nasional

Wagub Bengkulu Apresiasi Program Listrik dan Tabung Gas Gratis yang Dilaksanakan Dinas ESDM

DPD RI

Kunker ke Lumajang, Ketua DPD RI Siap Perjuangkan Air Bersih dan Rehabilitasi Pasca Bencana

Nasional

DPD KNPI Kota Bengkulu Sambut Baik Pelantikan Presidium MD KAHMI Kota

Nasional

Dedy Wahyudi Pastikan Ketersediaan Pangan Tidak Ada Penimbunan Selama Ramadhan

Nasional

INFO ORANG HILANG

DPD RI

Komite III DPD RI Usulkan Grand Design Keolahragaan agar Atlet Berprestasi