Home / Nasional

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 22:29 WIB

Gelar Memasak Rendang Serentak di Seluruh Dunia, Ini Fakta Rendang asal Sumatera Barat

Sumatera Barat ri-media.id – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyambut baik dan mengapresiasi atas inisiasi Lantamal II Padang untuk menyelenggarakan kegiatan memasak rendang serentak di seluruh dunia, Sabtu (21/8/21).

Ini merupakan momentum penting yang perlu kita catat, karena pertama kali dilaksanakan yang mengangkat  warisan budaya dari Sumatera Barat dengan melibatkan masyarakat dunia.

Randang (Rendang) merupakan salah satu makanan tradisional khas Minangkabau (Sumatera Barat) yang sangat terkenal ke seluruh penjuru nusantara bahkan telah dikenal di seluruh belahan dunia.

Baca Juga  Suryawan : Persiapan Muswil KAHMI Bengkulu Sudah Siap 80 %

Berdasarkan polling CNN tahun 2011, rendang menjadi makanan terlezat di dunia.

Pada tahun 2013, Randang  (Karya budaya dari Provinsi Sumatera Barat) telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (Domain Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional), oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pada tahun 2019, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengusulkan Randang (Warisan Budaya Takbenda Indonesia) ke dalam Intangible Cultural Heritage (ICH)  UNESCO untuk pengusulan tahun 2021 melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan R.I.

Baca Juga  Sultan Harap, Bakal Capres Memiliki Komitmen Terhadap Pembaharuan Sistem Politik

Kita berharap sebagai Warisan Budaya “Randang” dapat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia (Intangible Cultural Heritage UNESCO). Randang sebagai Warisan Budaya, selain dikenal secara nasional maupun  internasional, juga memberikan dampak positif terhadap  ekonomi rumah tangga masyarakat.

Diperlukan dukungan semua pihak, dengan berbagai aktivitas yang mendorong penetapan Randang sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (ICH UNESCO) dari Indonesia.

Sikap toleransi dan kerjasama
Senang di hati sejuk dalam jiwa
Mari kita wujudkan bersama
Randang menjadi warisan dunia

Terimakasih kepada semua yang pihak sudah ikut serta terlibat dalam kegiatan ini. Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo, Ibu Panglima TNI, Komandan Lantamal II Padang, Kapolda Sumbar, Wakil Gubernur Sumbar, Prof. Dr. Surya Rosa Putra, Prof. Dr. Fasli Jalal, Ph.D, Dr. Dino Patti Djalal, MA, Bpk. Dr. Hilmar Farid dan Bapak Ibu yang berhadir.

Baca Juga  Pemkot Bengkulu MoU dengan Kejari, Walikota Fokus Bahas Soal Aset dan Pasar

Sumber : Kominfo Sumbar

Share :

Baca Juga

Nasional

Yayasan Pesantren Islam Al Azhar Bagi Takjil On The Road

Nasional

Walikota Launching Aplikasi SIII DUDA

Nasional

Pemkot Akan Luncurkan Aplikasi E-Parkir dalam Pengembangan Smart City

Nasional

Positif Narkoba, Artis Js Minta Maaf

Nasional

Moment Peringatan Empat Tahun Masa Jabatan Bupati dan Wabup Rejang Lebong

Nasional

Kasni, Ironi di Tengah Pandemi

Nasional

Ibu R Menangis Histeris, Ibu SM Menanti Bantuan

Nasional

Penjabat Bupati Benteng Dilantik, HKTI Minta Dr. Heriyandi Perhatikan Alih Fungsi Lahan