Home / Internasional

Kamis, 14 September 2023 - 09:24 WIB

Gempa Besar di Maroko Ribuan Meninggal dan Terluka

Poto: Tangkapan Layar YouTube Guardian News

Poto: Tangkapan Layar YouTube Guardian News

Maroko, 14 September 2023 – Angka kematian dan jumlah korban cedera terus meningkat akibat gempa bumi dahsyat dengan magnitudo 6,8 mengguncang Maroko pada tanggal 8 September 2023. Tim penyelamat yang berusaha mencapai desa-desa terpencil telah mengungkapkan skala kehancuran yang dahsyat, dengan laporan terbaru dari pihak berwenang setempat menyatakan bahwa angka kematian telah mencapai 2.946 jiwa, sementara ribuan lainnya mengalami luka-luka serius.

Menurut laporan dari Associated Press (AP), gempa Maroko ini telah meninggalkan jejak kehancuran yang besar, terutama di daerah Pegunungan Atlas. PBB memperkirakan sekitar 300.000 orang terdampak oleh bencana alam ini.

Baca Juga  Bicara Di Kyongwoon University, Sultan Ajak Korea Selatan Kolaborasi Majukan Pendidikan Vokasi Indonesia

Pihak berwenang Maroko telah memberikan tanggapan positif terhadap tawaran bantuan dari berbagai tim pencarian dan penyelamatan internasional. Tim-tim tersebut berasal dari negara-negara seperti Inggris, Spanyol, Qatar, dan Uni Emirat Arab. Namun, dalam keputusan kontroversial, Maroko menolak tawaran bantuan dari beberapa negara, termasuk Prancis.

Presiden Prancis Emmanuel Macron merespons penolakan tersebut melalui sebuah video yang diunggah di media sosial. Dalam video tersebut, Macron menegaskan bahwa apakah Maroko menerima bantuan dari Prancis atau tidak, itu adalah urusan kedaulatan Maroko. Dia juga menjanjikan bahwa bantuan akan disediakan segera setelah diminta oleh pemerintah Maroko.

Baca Juga  Indonesia Sukses dalam Pameran Produk Perikanan Jepang

“Saat ini, ada banyak kontroversi yang tidak beralasan dalam beberapa hari terakhir ini,” ujar Macron dalam video tersebut, seperti dilansir oleh The Guardian. “Namun, saya ingin menekankan bahwa Prancis telah berusaha keras dan kami siap untuk memberikan bantuan segera sesuai dengan permintaan.”

Macron juga menyuarakan harapannya bahwa kontroversi yang memecah belah pada saat-saat tragis seperti ini dapat mereda dan bahwa semua pihak dapat bekerja bersama demi mengatasi krisis tersebut.

Baca Juga  Bengkulu - Singapura: Jejak Sejarah yang Terlupakan

Sementara itu, Maroko telah membantah dugaan bahwa negara ini tidak memiliki kapasitas yang memadai untuk merespons bencana gempa. Pihak berwenang setempat telah memastikan bahwa mereka melakukan upaya maksimal dalam situasi darurat ini.

Gempa Maroko yang dahsyat ini masih menjadi perhatian global, dan bantuan internasional terus mengalir ke negara tersebut dalam upaya membantu korban dan memulihkan wilayah yang terdampak. Dalam beberapa hari ke depan, dunia akan terus memantau perkembangan situasi di Maroko dan memberikan dukungan sebanyak mungkin untuk membantu warga negara Maroko yang terkena dampak gempa ini.

Share :

Baca Juga

Internasional

Ketua IWPG Hyun Sook Yoon: Wanita Dunia Kawal DPCW Agar Segera Menjadi UU di PBB

Internasional

Pertemuan Bilateral RI- Australia Upaya Penanggulangan Terorisme

Internasional

Penipuan AI: Google Gugat Penjahat Siber yang Memanfaatkan Google Bard

Internasional

Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., Menerima Kunjungan Vice Admiral M.A. Hampiholi, PVSM, AVSM, NM, (Focinic) Southern Naval Command, Indian Navy

Internasional

Investasi Prancis Untuk Indonesia di Apresiasi Presiden Joko Widodo

Internasional

Internasional Forum Dalam Rangka Memperingati Genap 18 Tahun Tragedi Takbai

Internasional

Bengkulu – Singapura: Jejak Sejarah yang Terlupakan

Internasional

Kekerasan Masih Merajarela di Wilayah Selatan Thailand