Home / Nasional

Senin, 26 April 2021 - 09:27 WIB

Hukum Menunda Bayar Fidyah Hingga Ramadan Berikutnya Tiba

Dakwah ri-media.id – Ketika seseorang tidak puasa Ramadan akibat sakit yang tidak bisa diharapkan kesembuhannya, biasanya dia membayar fidyah di akhir bulan Ramadan. Namun ada juga yang membayar setelah bulan Ramadan. Bahkan ada sebagian yang menunda bayar fidyah hingga bulan Ramadan berikutnya tiba. Bagaimana hukum menunda bayar fidyah hingga bulan Ramadan berikutnya tiba?

Menurut para ulama, kewajiban membayar fidyah bersifat tarakhi atau tidak seketika, namun boleh diakhirkan. Jika seseorang tidak mampu berpuasa di bulan Ramadan, baik karena sudah lanjut usia, atau karena sakit yang tidak bisa diharapkan kesembuhan, maka dia boleh membayar fidyahnya di bulan Ramadan, juga boleh membayarnya setelah bulan Ramadan.

Baca Juga  Pelaksanaan USP SMA Negeri 1 Lubuklinggau Tetap Mengikuti Prokes

Bahkan juga boleh membayar fidyah hingga bulan Ramadan berikutnya tiba. Tidak masalah bagi seseorang menunda bayar fidyah hingga bulan Ramadan berikutnya tiba, dia tidak berdosa dan tetap hanya membayar satu mud dalam setiap hari, tidak ada tambahan apapun karena sebab menunda pembayaran fidyah.

Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hawasyi Al-Syarwani berikut:

Jika semisal orang yang sudah tua renta menunda pembayaran fidyah dari tahun sebelumnya (hingga bulan Ramadan berikutnya tiba), maka tidak ada kewajiban apapun baginya sebab adanya penundaan tersebut.

Dalam kitab Nihayah Al-Muhtaj juga disebutkan sebagai berikut:

Baca Juga  SMA N 4 Musi Rawas, Lebih Dikenal SMA N 1 Muara Beliti Salah Satu Sekolah Penggerak Musi Rawas

Tidak ada kewajiban apa-apa bagi orang yang tua renta, orang lanjut usia dan orang yang tidak mampu berpuasa sebab mengakhirkan membayar fidyah, jika dia mengakhirkan bayar fidyah dari tahun sebelumnya.

Dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyah juga disebutkan sebagai berikut:

Apakah ada kewajiban tertentu bagi orang yang tua renta atau lanjut usia jika dia mengakhirkan bayar fidyah dari tahun yang pertama?

Orang tua renta dan lanjut usia yang tidak mampu berpuasa, ia wajib membayar fidyah dengan memberi makan orang miskin setiap hari. Jika ia mengakhirkan bayar fidyah dari tahun pertama, maka dia tidak wajib bayar fidyah yang lain. Ini berbeda dengan orang yang mengakhirkan qadha puasa Ramadan tanpa udzur hingga bulan Ramadan berikutnya tiba, ia wajib bayar fidyah akibat mengakhirkan qadha.

Sumber :

Bimas Islam RI

Share :

Baca Juga

Nasional

PWI Sarankan Rangkul Swasta Bina Olahraga di Provinsi Bengkulu

Nasional

Pemerintah Uji Coba Perizinan Konser Musik yang Terintegrasi Secara Digital

Nasional

Gubernur Rohidin Terima Baznas Award 2022 sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Cinta Zakat

DPD RI

Wakil Ketua DPD Dukung Vaksin Booster Diberikan Gratis

Nasional

Minim Pendaftar, Pendaftaran Calon Direksi dan Komisaris Bank Bengkulu Diperpanjang

Nasional

Hujan Deras, Sebabkan Sebagian Titik di Kota Bengkulu Banjir

Nasional

Dinas Perpustakaan Terus Berbenah, Perpustakaan Berbasis Online Dikembangkan

Nasional

Linda Restui Kadernya Yudi Darmawansyah dan Lainnya Maju Pilwakot