Home / Nasional

Selasa, 18 Agustus 2020 - 19:47 WIB

HUT RI Ke-75 : BPAN Bengkulu Adakan Pertemuan Wilayah

Rejang Lebong RI MEDIA – Momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 sangat bersejarah bagi Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Bengkulu, yang secara bersamaan sukses dalam melaksanakan Pertemuan Wilayah Ke-III.

Bertempat di Komunitas Cawang An (Desa Kayu Manis) Curub Kabupaten Rejang Lebong, Pertemuan Wilayah Ke-III BPAN Bengkulu di Buka secara langsung oleh Pengurus Daerah AMAN Rejang Lebong Khairul Amin, turut dihadiri Pengurus Wilayah AMAN Bengkulu, Ketua PD AMAN Tanah Rejang Rafik Sani, dan tetua adat Tanah Rejang.

Baca Juga  Perguruan Tinggi dan Pemberdayaan Masyarakat Dukung Pengembangan Warkop Digital Pemprov Bengkulu

Peserta PERWIL adalah Pemuda adat tanah rejang (Kabupaten Lebong) , pemuda adat Rejang lebung (RL), pemuda adat seluma, dan BPH wilayah Bengkulu.

Dalam PERWIL ini selain penerimaan dan pengukuhan anggota BPAN Bengkulu yang baru, juga melakukan musyawarah mufakat pergantian tongkat kepemimpinan sebelumnya diketuai oleh Engga Z Sangian Kauno Pemuda asli Enggano kini dipercakan kepada Edwin Ravinki untuk masa jabatan Periode 2020-2023.

Ketua terpilih Edwin mengatakan kepada Media Bengkulu via pesan WA, pemuda adat harus bangkit sebagai kader, pengemban dara leluhur, terdepan dalam berjuang atas keadilan masyarakat adat.

Baca Juga  Ketua DPD RI Ingin Kebudayaan Jadi Haluan Pembangunan Nasional

“Marangkul pemuda untuk mempertahankan hak para leluhur, adat dan budaya serta wilayah”, tegasnya.

Pertemuan Wilayah BPAN Bengkulu dilaksanakan pada tanggal 16-17 Agustus 2020, dalam sidangnya dipimpin oleh Hero Aprilia dari PW BPAN Bengkulu selaku pimpinan sidang 1 dan Sulas Tri dari pemuda adat Tanah Rejang.

Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) adalah organisasi sayap AMAN yang bersifat otonom. BPAN berfungsi sebagai wadah berhimpunnya pemuda-pemudi adat nusantara yang merasa senasib, sepenanggungan, seperjuangan dan setujuan. Sebagai wadah kaderisasi dan peningkatan kapasitas pemuda-pemudi adat nusantara, dan sebagai wadah untuk menampung, memadukan, menyalurkan dan memperjuangkan solidaritas dan aspirasi pemuda-pemudi adat nusantara.

Baca Juga  HKTI Provinsi Jajaki Kerjasama Dengan Unihaz Bengkulu

BPAN dibentuk sebagai salah satu kesepakatan dalam Jambore Nasional Pemuda Adat Nusantara yang dilaksanakan tanggal 27-31 Januari 2012 dan dideklarasikan tanggal 29 Januari 2012 di Curuq Nangka, Bogor. Visi Barisan Pemuda Adat Nusantara adalah ‘Generasi Muda Adat Bangkit Bersatu Bergerak Mengurus Wilayah Adat’. (awa)

Share :

Baca Juga

Nasional

Sinkronisasi 18 Program Prioritas, Wagub Bengkulu: ESDM Harus Bisa Capai Target PAD

Nasional

Wabup BU Bagikan Bantuan Beras ke Warga Terdampak PPKM

Nasional

Daftar Harga Minyak Goreng Terbaru: Dari Sunco, Filma, Tropical hingga Bimoli
Mahfud Ungkap Soal Isi Obrolan Saat Ngopi Bareng Ganjar

Nasional

Mahfud Ungkap Soal Isi Obrolan Saat Ngopi Bareng Ganjar

DPD RI

Sultan: Status Badan Otorita dan Mekanisme Penunjukan Langsung Kepala IKN Harus Dibatasi Waktu

Nasional

Bertemu Komunitas IDE Preneurship, Pimpinan DPD RI Meminta Pengusaha Muda Turut Serta Mengatasi Pandemi

Nasional

Tumbuhkan Kesadaran Prokes, Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu Turun Langsung Bagikan Masker
PKB dan NasDem Bersama-sama Berkunjung ke PKS

Nasional

PKB dan NasDem Bersama-sama Berkunjung ke PKS