Home / Berita Desa / Provinsi Sumatera Selatan

Jumat, 23 September 2022 - 06:34 WIB

IRFAN SANJIVAREDY, S.P” Calon Kepala Desa Nomor Urut 2, Tanabang Ilir, Kecamatan Muara kuang, Kabupaten Ogan ilir, Sumatera selatan

Menuju Tanabang Ilir Yang MANTAB

JANGAN LUPA TANGGAL 15 OKTOBER 2022 COBLOS NOMOR 2

Biodata Calon Kepala Desa Tanabang Ilir Kecamatan Muara Kuang, Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan Nomor Urut 2
Nama : Irfan Sanjivaredy, S.P
Tempat/Tanggal Lahir : Palembang 17 Oktober 1980
Ayah : Drs.H.Zainuddin Agumanti, S.Pd M.Si
Ibu : Hj.Huzainah
Saudara :
-Shanti Apriani, S.Kep, Ners
-Rismawita Windiasari, S.Kep, M.Si
-ERFIDA NAFRATILOVA, SST, M.Si
Riwayat Pendidikan :
-SD Negeri 3 Tanabang
-SMP Negeri 44 Palembang
-SMK Negeri 1 Pertanian Gelumbang
-Fakultas Pertanian UMP

Riwayat Pekerjaan
-Pernah bekerja di salah satu anak perusahaan ASTRA selama 17thn sebagai kepala Unit
-Penyuluh Pertanian (THL-APBD)
-Kementrian Kelautan dan Perikanan (kontrak pusat)

VISI DAN MISI

VISI CALON KEPALA DESA TANABANG ILIR
Visi merupakan gambaran masa depan, sebagai tujuan utama juga pandangan ideal yang harus dicapai dengan berbagai upaya bersama. Melalui sebuah visi, akan dicapai sebuah perubahan positif, dimana Desa Tanabang Ilir menjadi Desa yang dicita-citakan, ditempati sekelompok masyarakat yang maju, mandiri, eksis, aspiratif, inovatif serta produktif.
Sebagai Calon Kepala Desa Tanabang Ilir Periode 2022-2028 setelah melalui proses refleksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen masyarakat desa maka visi Irfan Sanjivaredi,S.P selama 6 tahun ke depan yaitu:
“MEWUJUDKAN DESA TANABANG ILIR SEBAGAI DESA AGRO YANG LEBIH MAJU, MANDIRI DAN RELIGIUS MELALUI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF DAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK“

POKOK VISI

PENJELASAN

DESA AGRO LEBIH MAJU
Sumber Daya Pertanian Desa Tanabang Ilir yang selama ini telah unggul dan kompetitif, sehingga dapat meningkatkan penghasilan masyarakat desa. Didukung oleh alat pertanian yang lebih modern dan tata kelola pertanian yang baik serta kondisi infrastruktur yang baik dan lingkungan yang lestari sehingga terselenggara berbagai aktivitas yang mendorong kemajuan desa.
Salah satunya dengan terbentuknya Tempat Pelelangan Karet (TPK)

MANDIRI
Masyarakat Desa Tanabang Ilir yang mampu mendayagunakan seluruh potensinya, baik potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, sehingga mampu mewujudkan kehidupan yang sejahtera, aman dan tentram.

RELIGIUS
Kondisi masyarakat Desa Tanabang Ilir yang menjunjung tinggi norma-norma agama, dan sosial, serta kepatuhan terhadap supremasi hukum.

PEMBANGUNAN PARTISIPATIF
Pembangunan yang berlandaskan kearifan lokal, gotong royong dan melibatkan semua stakeholder’s, sehingga sinergis dalam berbagai bidang.

TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK
Penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, transparan, akuntabel sehingga tercipta pelayanan publik yang optimal, efektif dan efisien.

MISI CALON KEPALA DESA TANABANG ILIR
Misi merupakan upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintahan. Pada hakikatnya, misi akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi desa selama masa 6 tahun.
Untuk meraih Visi Calon Kepala Desa Tanabang Ilir seperti yang sudah diuraikan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Calon Kepala Desa Tananbang Ilir sebagai berikut:
Misi Pertama: Meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaaan secara partisipatif
Pengembangan infrastruktur dasar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa secara luas. Insfrastruktur tersebut meliputi infrastruktur transportasi, dan infrastruktur air limbah.
Misi Kedua: Meningkatkan akuntabilitas pemerintahan dan optimalisasi pelayanan publik
Penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, akuntabel dan transparan mendukung terwujudnya pelayanan publik yang optimal, efektif dan efisien (program wajib ngantor). Selain itu, pemerintah desa perlu melakukan inovasi pelayanan publik untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat
Misi Ketiga: Meningkatkan pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat
Pengembangan diprioritaskan untuk mendorong produk unggulan desa, pertumbuhan wirausaha baru, industri kecil (Rumahan) serta pembinaan terhadap kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Misi Keempat: Meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat
Peningkatan kesejahteraan sosial sejalan dengan tumbuhnya perekonomian desa dan kinerja layanan publik yang optimal. Hal ini dapat diwujudkan dengan pemenuhan layanan dan kesempatan usaha bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di masyarakat.
Misi Kelima: Meningkatkan kualitas dan perluasan layanan kesehatan dan pendidikan anak
Derajat kesehatan dan pendidikan merupakan salah satu faktor terwujudnya Sumber Daya Manusia Desa yang berkualitas. Masyarakat yang sehat serta anak-anak yang cerdas, menciptakan generasi berkualitas, baik di hari ini atau di masa depan.

Baca Juga  Buka UKW ke-33, Gubernur Sumsel Berharap Wartawan Menjadi Garda Terdepan Pertahanan Lingkungan

Misi Keenam: Memelihara nilai-nilai agama, sosial dan budaya masyarakat dan kemanan masyarakat
Ketaatan terhadap nilai-nilai luhur agama, kepatuhan pada norma sosial dan hukum akan mewujudkan masyarakat yang rukun, tenteram lahir dan batin. Selain itu, memelihara nilai-nilai budaya akan memperkaya keragaman hidup masyarakat.

Penjelasan Misi Calon Kades
Misi Pertama: Meningkatkan pembangunan infrastruktur pedesaaan secara partisipatif
Pengembangan infrastruktur dasar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa secara luas. Insfrastruktur tersebut meliputi infrastruktur transportasi, dan infrastruktur air limbah.
Hal yang akan dilakukan adalah :
Membangun jalan jalan ke kebon atau ke sawah dan membangun dan merenopasi jalan dalam desa yang masih belum di cor dan memperbaiki yang telah di lakukan penyemenan dengan melibatkan masyarakat desa sebagai tenaga kerja sehingga bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.
Membangun siring atau gorong-gorong limbah atau air sisa MCK sampai ke sungai Ogan agar tidak tergenang sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan dan menjadikan lingkungan yang nyaman di dihuni

Baca Juga  Pemdes Pal VII Salurkan BLT-DD 2021 Tahap II Kepada 54 KPM

Misi Kedua: Meningkatkan akuntabilitas pemerintahan dan optimalisasi pelayanan publik
Penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, akuntabel dan transparan mendukung terwujudnya pelayanan publik yang optimal, efektif dan efisien. Selain itu, pemerintah desa perlu melakukan inovasi pelayanan publik untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.
Hal yang akan dilakukan adalah :
Akan melaksanakan diklat / pelatihan kepada para perangkat Desa sehinggga dapat melaksanakan hak dan kewajiban selaku perangkat desa dalam melayani masyarakat dan bisa memahami tugas dan fungsinya masing- masing.
Akan mengaktifkan kembali kantor desa sesuai dengan fungsinya yaitu akan buka pada hari kerja sehingga jika masyarakat ada keperluan administrasi tidak perlu lagi menunggu atau mencari perangkat desa, cukup dengan langsung datang ke kantor desa.
Bersama BPD akan membuat atau menetapkan beberapa peraturan desa baik pemanfaatan income Desa dan biaya Pelayanan administrasi di kantor desa
Misi Ketiga: Meningkatkan pengembangan usaha ekonomi produktif masyarakat
Pengembangan diprioritaskan untuk mendorong produk unggulan desa, pertumbuhan wirausaha baru, industri kecil (rumahan) serta pembinaan terhadap kelompok usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).
Hal yang akan dilakukan adalah :
Potensi pertanian desa kita cukup bisa di jadikan unggulan salah satunya adalah Jeruk, Karet, Padi dan sekarang yg mulai di kembangkan adalah tanaman sawit kita secara bersama-sama akan mengembangkan sistem pertanian secara lebih baik dan lebih modern sehingga menghasilkan yang lebih baik pula dengan pembinaan dari dinas pertanian dan instansi terkait.
Membentuk tempat pelelangan karet (TPK) yg akan di kelola oleh BUMdes dg cara mengundang para pembeli karet mulai dari pengepul-pengepul (toke) karet sampai ke pabrik-pabrik pengolahan karet sehingga akan menghasilkan harga karet di desa Tanabang Ilir lebih tinggi
Untuk wirausaha baru kami akan mendorong BUMdesa sebagai ujung tombak usaha mikro dengan cara membeli dan menjual hasil bumi kita melalui BUMdes dengan harga yang wajar dan bersaing sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat.
Untuk UMKM yang dari masyarakat akan kita dorong dengan memberikan pembinaan melalui dinas instansi terkait sehingga UMKM bisa lebih maju lagi, salah satu contohnya adalah latiham menjahit, pembuatan ikan salai, ikan asin, ikan salai, olahan jeruk seperti sirup jeruk, atau minuman segar kemasan jeruk serta pembuatan kemplang dll
Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam hal pembinaan bagi pemuda dan anak putus sekolah (program pemuda terampil) seperti bengkel otomotif, bengkel las, video shooting dan fotografi

Baca Juga  Walikota Lepas Iring-iringan Kendaraan Pengangkut Bantuan

Misi Keempat: Meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat
Peningkatan kesejahteraan sosial sejalan dengan tumbuhnya perekonomian desa dan kinerja layanan publik yang optimal. Hal ini dapat diwujudkan dengan pemenuhan layanan dan kesempatan usaha bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di masyarakat.
Hal yang akan dilakukan :
Menciptakan lapangan pekerjaan melalui kegiatan kegiatan pembangunan Desa dan pengembangan UMKM dan pemuda trampil
Optimalisasi pelayanan Bansos (program bansos tepat sasaran)

Misi Kelima: Meningkatkan kualitas dan perluasan layanan kesehatan dan pendidikan anak
Derajat kesehatan dan pendidikan merupakan salah satu faktor terwujudnya Sumber Daya Manusia Desa yang berkualitas. Masyarakat yang sehat serta anak-anak yang cerdas, menciptakan generasi berkualitas, baik di hari ini atau di masa depan.
Hal yang akan dilakukan :
Mengembangkan PAUD / TK yang telah ada sehingga kualitas anak usia dini bisa mendapatkan pendidikan pra sekolah sehingga nanti jika sdh masuk ke jenjang SD sdh bisa beradaptasi dengan lingkungannya.
Mengembangkan Pendidikan Sekolah Diniah yg sudah ada sehingga anak di Tingkat SD sudah memahami ilmu agama Islam
Menambah dan membina kader – kader posyandu Balita sehingga pengetahuan dapat meningkatkan kesehatan Balita tsb.
Membangun Posyandu Lansia yang selama ini belum dikerjakan secara Optimal sehingga bisa mendeteksi kesehatan para lansia sejak dini.
Menggandeng Karang Taruna dan pemuda dalam pelaksanaan kegiatan olah-raga sehingga terciptanya masyarakat yang sehat dengan olah raga.

Misi Keenam: Memelihara nilai-nilai agama, sosial budaya masyarakat dan keamanan masyarakat
Ketaatan terhadap nilai-nilai luhur agama, kepatuhan pada norma sosial dan hukum akan mewujudkan masyarakat yang rukun, tenteram lahir dan batin. Selain itu, memelihara nilai-nilai budaya akan memperkaya keragaman hidup masyarakat.
Hal yang akan dilakukan :
Bersama P2UKD dan tokoh agama untuk sama-sama mengontrol, mengevaluasi kegiatan di TPA-TPA, di Masjid-masjid yg ada kegiatan kegamaan
Untuk tenaga pendidik keagamaan untuk anak – anak dan remaja serta Dewasa agar lebih baik lagi dengan memberikan insentif perbulan sesuai hasil musyawarah Pemerintah Desa
Akan memberikan bantuan kain kafan dan papan serta nisan kepada masyarakat Tanabang Ilir yang meninggal dunia.
Mengoptimalkan Remaja Masjid dalam setiap kegiatan – kegiatan sosial kemasyarakatan dan Agama sehingga remaja lebih dekat dengan agama.
Mengoptimalkan LINMAS desa dan membangun pos kamling desa di setiap dusun atau kampung dan memberi incentif kepada petugas LINMAS

Share :

Baca Juga

Berita Desa

Dalam Rangka Memperkuat Ketahanan Desa dan SDGs Desa

Berita Desa

Monitoring Pembangunan Desa Meranti Jaya

Berita Desa

Wagub Rosjonsyah Apresiasi Kesiapan Pemkab Kaur Sambut MTQ ke XXXV

Provinsi Sumatera Selatan

Ketum ISSI Lubuklinggau Periode 2022-2026 Dijabat Febrio Fadilah

Provinsi Sumatera Selatan

Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 di Lingkungan Pemprov Sumsel Berlangsung Khidmat dan Lancar

Berita Desa

Desa Balai Buntar Menyalurkan BLT DD Tahun 2021

Provinsi Sumatera Selatan

Walikota Beserta Jajaran Bagikan Masker di Jalan

Provinsi Bengkulu

Hati-Hati Modus Baru, Anak Wartawan Senior Kecelakaan, Motor Dilarikan Orang Tidak Dikenal