Home / Desa

Senin, 12 April 2021 - 10:12 WIB

Istri Bupati dan Istri Wabup Rejang Lebong Kunjungi Desa Lubuk Bungin Baru

Rejang Lebong ri-media.id – Istri Bupati dan Istri Wakil Bupati Rejang Lebong mengunjungi Desa Lubuk Bingin Baru Kabupaten Rejang Lebong, Jum’at (9 April 2021). Kunjungan tersebut dalam rangka meresmikan Desa Lubuk Bungin Baru sebagai Kampung KB.

Di waktu bersamaan, Desa Lubuk Bungin Baru juga melakukan sedekah adat yang disebut sedekah rame-rame atau sedekah ngepung desa (sedekah bumi) di lain tempat Desa Lubuk Bungin Baru. Sedekah tersebut adalah adat lembak yang menurut penuturan sesepuh merupakan sedekah selamatan, atau bisa juga disebut sedekah tolak balak.

Bapak Kepala Desa Lubuk Bungin Baru beserta perangkat, didampingi para sesepuh, tokoh masyarakat melaksanakan sedekah adat lebih dari satu jam. Sedekah adat jarang dilaksanakan kecuali dalam kondisi tertentu saja. Dalam prosesi sedekah tersebut disiapkan beras kunyit, punjung (sesajen,red), gulai, kambing, bakar kemenyan dan lainnya.

Baca Juga  Pembagian Lanjutan BLT DD di Desa Suka Datang

“Siapa yang mengikuti kegiatan harus mentaati beberapa pantangan (tidak boleh dilakukan,red), salah satunya dalam tiga hari tidak boleh memotong atau membunuh unggas dan yang bernyawa lainya,” jelas salah satu sesepuh setempat.

Baca Juga  TP-PKK Anggrek Tanabang ilir Mengadakan Posyandu.

Sesepuh tersebut menambahkan, setelah selesai sedekah adat, dilanjutkan makan bersama dan yasinan di masjid yang tujuannya apa yang menjadi hajat masyarakat Desa Lubuk Bingin Baru bisa terlaksana.

Bapak Halendra selaku Kepala Desa menuturkan, “Mengapa kami melaksanakan sedekah adat? Karena beberapa bulan lalu terjadi musibah kebakaran, hal inilah yang mendorong kami melaksanakan sedekah adat.”

“Sebenarnya sedekah adat seperti ini sudah lama tidak dilaksanakan biasanya dilaksanakan lima tahun sekali, musibah kebakaran itu mengingatkan kami tentang asal-usul kami dan sedekah yang dilaksanakan adalah suatu bentuk rasa syukur kami,” sambungnya.

Baca Juga  Pemerintah Desa 4 Suku Menanti Gotong Royong Perbaikan Posyandu

Di penghujung, Bapak Halendra juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah bersusah payah membantu menyukseskan semua kegiatan dari acara PKK kampung KB, sedekah adat dan yasinan bersama.

“Harapan saya, Desa Lubuk Bingin baru ke depannya bisa lebih maju, tentunya semua itu terlaksana kalau semua masyarakat mendukung,” ungkapnya. (asr)

Share :

Baca Juga

Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan Desa Kasah Tahun Anggaran 2024

Desa

Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan Desa Kasah Tahun Anggaran 2024

Desa

Tahap Awal Bantuan Tunai Dana Desa Tahun 2023 Simpang Beliti Berjalan Sukses

Desa

Ratusan Kades di NTT Lolos dari Hukuman Penjara

Desa

Masyarakat Desa Megang Sakti 4 Menerima Bantuan Tunai Desa Tahap Akhir

Desa

Sertifikasi Pembangunan Rabat Beton Desa Kali Padang Selupu Rejang Berjalan Sukses

Desa

Pemdes Lubuk Kembang Gelar Musyawarah Pra-pelaksanaan dan Titik Nol Pembangunan Fisik, Dana Desa Tahun 2023

Desa

Penyaluran Bantuan Tunai Dana Desa Air Meles Sukses Direalisasikan

Desa

Desa Taba Padang Sukses Menyalurkan Bantuan Tunai Desa Anggaran 2022