Home / Desa

Sabtu, 20 Januari 2024 - 06:02 WIB

Jum’at Bersih di Desa Tanabang Ilir: Gotong Royong Bersama Warga

Ogan Ilir, ri-media.id – Jum’at, 19 Januari 2024, Desa Tanabang Ilir, yang terletak di Kecamatan Muara Kuang, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, dipenuhi semangat gotong royong. Kepala Desa, Irfan Sanjivaredy, S.P., bersama masyarakat Desa Tanabang Ilir, turut serta dalam kegiatan Jum’at Bersih.

Gotong royong meliputi pembersihan jalan, lingkungan rumah, dan Tempat Pemakaman Umum (TPU). Irfan Sanjivaredy,S.P. menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), terutama mengingat musim banjir yang dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit.

Baca Juga  Penerima Bantuan Tunai DD 2023 Diserahkan ke 23 KPM di Desa Suro Bali

“Dalam situasi genangan air di sekitar rumah akibat banjir, kita harus waspada terhadap DBD dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, membersihkan lingkungan menjadi langkah preventif yang sangat penting,” papar Irfan.

Baca Juga  KunKer Penasehat Dharma Wanita Kementerian Sosial RI ke SAD Muratara

Selain sebagai upaya pencegahan penyakit, kegiatan ini juga dianggap sebagai momen untuk mempererat silaturahmi antara masyarakat dan pemerintah desa. Gotong royong dimulai pukul 07.00 WIB dan berlangsung hingga selesai. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Irfan Sanjivaredy, S.P., perangkat desa, Badan Perwakilan Desa (BPD), dan warga desa yang antusias.

Setelah membersihkan lingkungan, Irfan mengajak seluruh masyarakat untuk istirahat di rumahnya sambil menikmati secangkir kopi. Ia juga menghimbau agar masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan sehari-hari guna mencegah potensi penyakit. Giat Jum’at Bersih di Desa Tanabang Ilir tidak hanya menjadi kegiatan rutin untuk menjaga kebersihan, tetapi juga sebagai sarana memperkuat hubungan sosial di antara warganya. (Tomi)

Share :

Baca Juga

Desa

BLT DD Tahap Awal Tahun 2024 Desa Permu Berhasil Disalurkan

Desa

Pemdes Babakan Bogor Gelar Musyawarah Prapelaksana Pembangunan Dana Desa 2024

Desa

TP-PKK Anggrek Tanabang ilir Mengadakan Posyandu.

Desa

Ratusan Kades di NTT Lolos dari Hukuman Penjara

Desa

Desa Permu Menggelar Musyawarah Praplaksana Pembangunan Dana Desa 2024

Desa

Pemdes Kampung Sajad Salurkan BLT-DD TA 2021 Kepada 15 KPM

Desa

Titik Awal Pembangunan Desa Suro Lembak dari DD 2021

Desa

Guru-Murid di Bengkulu Utara Harus Berjalan Kaki Sejauh 20km Akibat Jalan Rusak Parah