Home / Nasional

Selasa, 7 September 2021 - 14:59 WIB

Ketua DPD RI Diangkat Saudara dan Dianugerahi Gelar Adat dari Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong

Lampung ri-media.id – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, diangkat sebagai keluarga atau saudara (angkon muakhi) oleh Sultan Sekala Brak Yang Di Pertuan Ke-23, Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong. LaNyalla juga mendapatkan gelar adat, Batin Gusti Calak Perkasa Mangkunegeri.

Pemberian gelar dan keluarga dilakukan dalam prosesi angkon muakhi, Selasa (7/9/2021), di Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong, Lampung Barat. Tepatnya di ruang Margasana Gedung Dalom Kepaksian Pernong.

LaNyalla yang datang bersama rombongan, disambut hulu balang dan pasukan kerajaan. Senator asal Jawa Timur ini kemudian diarak menuju Ruang Margasana dengan Alam Gemisekh (perlengkapan adat sebagai simbol kehormatan kepada tamu yang diagungkan).

Pertama LaNyalla diberi gelar Radin Gusti Calak Perkasa dengan ditandai penganugerahan lencana emas kerajaan, selempang orang besar bergelar Gedung Dalom Kepaksian Pernong dan plakat kerajaan.

Baca Juga  Kaji Wacana Amandemen UUD 1945, Kelompok DPD di MPR Soroti Presidential Threshold

Kemudian penobatan gelar adat dinaikkan menjadi Batin Gusti Calak Perkasa Mangkunegeri dan dianugerahi Kikat Hanuang Bani sebagai lambang kebanggaan masyarakat Saibatin Lampung dan keberanian bagi masyarakat Way Handak. LaNyalla juga dianugerahi pusaka Raja Sekala Brak Kepaksian Pernong dan piagam adat.

“Terima kasih atas angkon muakhi ini, semoga ikatan kekeluargaan kerajaan dengan DPD terus terjaga. Saya juga mengapresiasi keberadaan Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong yang masih eksis di Bumi Lampung dan terus melestarikan warisan budaya dan adat istiadat luhur,” kata LaNyalla.

Angkon Muakhi adalah sebuah prosesi adat pengangkatan saudara. Siapapun yang diangkat saudara mempunyai tanggung jawab untuk membesarkan kerajaan dan sebaliknya masyarakat kerajaan memiliki kewajiban melindungi secara adat.

Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus dalam sambutannya menekankan bahwa Lampung Barat berdiri kokoh karena adanya kerajaan.

“Lampung Barat maju dan dikenal karena ada 4 Kepaksian salah satunya Kepaksian Pernong. Oleh karena itu keberadaan kerajaan adat perlu dijaga. Karena bisa menciptakan kedamaian, keselarasan dan keharmonisan di dalam masyarakat,” ujar Parosil Mabsus.

Baca Juga  DPD RI Bentuk Tiga Pansus pada Sidang Paripurna di Awal Tahun 2022

Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong dalam sambutannya mengapresiasi segala perhatian Ketua DPD pada kebudayaan dan kerajaan di Nusantara.

“Saya sepakat dengan apa yang disampaikan Ketua DPD. Sebelum ada negara ini pondasi dasarnya adalah kerajaan. Karena kerajaanlah yang mempunyai rakyat dan aturan kehidupan. Semuanya dijaga oleh adat. Kini berpayung pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita pegang bersama,” katanya.

PYM SPDB Edward Syah Pernong juga berharap Ketua DPD bisa memegang peranan di negara ini lebih tinggi lagi. Bisa menjawab aspirasi dari daerah yang fakta-faktanya masih banyak persoalan.

“Kita memerlukan sosok yang mempunyai good will dalam menyelesaikan permasalahan bangsa ini. Seperti Ketua DPD yang selalu menjaga kerajaan sebagai kearifan lokal, karena kerajaan yang membangun kerangka atau pondasi NKRI. Apabila pondasi hancur, NKRI hancur. Saya yakin Ketua DPD adalah sosok yang akan memperkuat pondasi NKRI,” jelasnya.

Baca Juga  22 Pati Polri, Terima Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama Dari Kapolri

LaNyalla datang ke Kerajaan Sekala Brak Kepaksian Pernong bersama Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni, senator Lampung Bustami Zainudin dan Ahmad Bastian, Fachrul Razi (Aceh), Eni Sumarni (Jawa Barat), Andi Muh Ihsan (Sulawesi Selatan), Djafar Alkatiri (Sulawesi Utara), Angelius Wake Kako (NTT) dan Sekjen DPD Rahman Hadi.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Yani WSS Koeswodidjoyo dan Dr Yurisman Star (Ketua Tim Pokja Kerajaan Nusantara).

Serta perwakilan dari kerajaan lain yakni PYM Ir. H.A Faisal Sapada SE., MM Raja Addatuang XXV, YM Donna Conni Nisnoni (Putri PYM Raja Kupang) dan YM Andi Maisara Arung Malolo Raja Muda Kerajaan Addatuang Sidenreng. (***)

Share :

Baca Juga

DPD RI

Pimpinan Komite II DPD RI Kunjungi PICC dan Silaturahmi dengan Basuki Tjahja Purnama

Nasional

Kemenparekraf Serahkan Bantuan DPUP ke 18 Desa Wisata di 11 Provinsi

Nasional

Dikukuhkan, Paskibraka Diminta Jadi Teladan Bagi Generasi Muda

Nasional

Gelar Donor Darah dan Sunatan Massal Kodim 0906/Kutai Kartanegara Berharap Masyarakat Bisa Terbantu

Nasional

Gubernur Tentukan Rencana Kebijakan Strategis Pengembangan Wilayah Ibukota Provinsi Bengkulu

Advertorial

Jadi Duta Prokes, Ketua DPD RI Apresiasi Kesadaran PKL Surabaya

Nasional

Semarakkan Ramadan, Polres Metro Gelar Lomba Da’i Cilik, Hafiz Al Qur’an dan Baca Al Qur’an

Nasional

Hujan Deras, Sebabkan Sebagian Titik di Kota Bengkulu Banjir