Home / Nasional

Senin, 3 Mei 2021 - 18:33 WIB

Ketua PWI Provinsi Bengkulu : Menjiplak Tulisan Hasil Karya Orang Lain Haram Hukumnya

Bengkulu ri-media.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu gelar Pelatihan Kode Etik Jurnalistik dengan Tema Melalui Pelatihan Kode Etik jurnalistik Kita Tingkatkan Porfesionalisme Wartawan, yang dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Zacky Antoni beserta Kadiskominnfotik oleh Bapak Jaduliwan, M.M dan 50 Wartawan sebagai peserta, Selasa (5/5/2021).

Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh Ketua PWI, salah satunya plagiarisme, “Menjiplak tulisan hasil karya orang lain haram hukumnya, dan hal-hal semacam ini perlu untuk diketahui. Kita harus bangga dengan tulisan kita, ketika tulisan itu bermanfaat dan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat, maka secara tidak langsung kita telah mendapatkan pahala, dan apabila tulisannya menghasut, memfitnah dan tidak sesuai fakta maka kita sudah melanggar kode etik,” ungkap Zacky saat menyampaikan materi dalam pelatihan tersebut.

Baca Juga  INFO ORANG HILANG

Tambahnya, PWI sebagai organisasi profesi mencoba menjawab persoalan di lapangan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan dengan harapan setelah mengikuti kegiatan pelatihan seperti ini sudah mengetahui Kode Etik Jurnalistik.

Baca Juga  Gubernur Rohidin Menyerahkan Voucher Belanja Kepada Anak-anak Yatim

“Tidak ada alasan lagi untuk para wartawan tidak tahu dan tidak memahami Kode Etik Jurnalistik, Kode Etik Jurnalistik itu tidak hanya dibaca dan di ketahui yang terpenting itu di pahami dan di implementasikan ketika kita menjalankan tugas-tugas Jurnalistik,” sambung Zacky.

Sebelumnya, dalam sambutannya Kadisminfotik menerangkan, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menambah referensi, wawasan agar dalam melakukan kegiatan-kegiatan Jurnalis tidak bertentangan dengan undang-undang yang berlaku.

Baca Juga  Di Pandai Sikek Gubernur Sumbar Siap Laksanakan Panen Perdana Bawang Batu Ijo

“Dalam melakukan kegiatan-kegiatan jurnalistik diharapkan untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid 19,” harap Jaduliwan mewakili Gubernur Provinisi Bengkulu Rohidin Mersyah membuka pelatihan tersebut.

Salah satu peserta pelatihan Tomy wartawan media online nasional Scientia.id, mengapresiasi kegiatan pelatihan tersebut. “Kegiatan seperti ini dapat menambah wawasan kami. Saya apresiasi PWI Provinsi Bengkulu,” ungkap Tomy. (and)

Share :

Baca Juga

Nasional

Sidak ke Pangkalan Gas, Ini Kata Helmi Akar Masalah Langkanya Gas Melon

Nasional

Kunjungi Pasar Tradisional, SBN Memastikan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok dan Dukungan Infrastruktur

Nasional

Tiga Orang Positif, Pemkot Minta Warga Tetap Tenang

Nasional

BNPT: Milenial, Saring Dulu Baru Posting

Nasional

Dies Natalis ke-40, Rohidin Mersyah Berharap UNIB Menjadi Pilar Pembangunan Provinsi Bengkulu

Nasional

Gubernur Rohidin Canangkan Program Reformulasi Strategis untuk Tekan Angka Stunting

Nasional

BPK Gelar Entry Meeting Pemeriksaan Pendahuluan LKPD Provinsi Bengkulu

Nasional

Terima Audiensi Yayasan Fatmawati Soekarno, Wagub Rosjonsyah Tekankan Komitment Atasi Stunting