Home / DPD RI / Nasional

Rabu, 15 Desember 2021 - 09:43 WIB

KPK RI Datangi DPD RI, Ada Apa?

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambangi Gedung Nusantara III langsung ke lantai 8 ruang rapat DPD RI. Kedatangan Firli hari ini untuk menggelar rapat tertutup dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

Di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Selasa (14/12/2021), Firli terlihat didampingi Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Nawawi Pomolango. Kemudian ada juga Deputi Penindakan KPK Karyoto dan Deputi bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Setiba di lantai 8 Gedung Nusantara III, Firli dan rombongan KPK RI disambut Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattaliti. Terlihat juga ada Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi.

Baca Juga  Tujuh Belas dari 22 Peserta UKW yang Digelar PWI Bengkulu Dinyatakan Berkompeten

Dilanjuti, Rapat tertutup bersama Anggota DPD RI yang langsung dipimpin Senator Fachrul Razi selaku Ketua Komite I DPD RI. “Kami sepakat ada 5 poin yang bisa kami publish namun beberapa pembahasan bersifat tertutup dan tidak dapat kami sampaikan, yang pasti akan ada gebrakan KPK RI untuk republik ini yang kami dukung,” tegas Fachrul Razi.

Baca Juga  Waka Komite I DPD RI Fernando Sinaga Apresiasi Gubernur Banten yang Siap Dukung Penguatan Bikameral

Adapun hasil kesepakatan Komite I DPD RI dan KPK RI yang beredar di media,  Komite I DPD RI mendorong kerjasama dengan KPK RI untuk melaksanakan,  program-program pemberantasan korupsi di daerah dengan menggunakan pendekatan Trisula (Pendidikan, Pencegahan, dan Penindakan) 

Komite I DPD RI sepakat dengan KPK RI untuk mendorong kepatuhan dalam memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Pengendalian Gratifikasi melalui Unit Pengendali Gratifikasi, dan Komite Advokasi Daerah (KAD) di Daerah 

Komite I DPD RI sepakat dengan KPK RI untuk mendorong kepatuhan Aparat. Penegak Hukum pada program koordinasi dan supervisi penanganan perkara. Tindak Pidana Korupsi serta pemenuhan e-SFDP (Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan secara Elektronik).

Baca Juga  Kejari Tetapkan Satu Terduga Pelaku Perkara Aset Milik Pemkot Bengkulu di Bentiring

Komite I DPD RI sepakat dengan KPK RI untuk mendorong Pendidikan Budaya Antikorupsi di daerah sejak usia dini hingga Perguruan Tinggi dan para Penyelenggara Negara. 

Komite 1 DPD RI sepakat dengan KPK RI untuk mendorong perbaikan kinerja Pemerintah Daerah melalui Monitoring Center for Prevention (MCP). (**)

Share :

Baca Juga

Nasional

Jadwal Sidang Isbat 2022 Sudah Ditentukan, Ini Tahapan Yang Dilakukan

DPD RI

Sultan: Pemulihan Demokrasi Prosedural Indonesia Mensyaratkan Amandemen Konstitusi Sebagai Solusi

DPD RI

Sultan Harap Komisioner KPU dan Bawaslu Terpilih Jaga Kepercayaan Publik

DPD RI

Dampingi Wapres Sholat Id, Sultan: Lebaran Harus Menjadi Momentum Rekonsiliasi Nasional

DPD RI

Komite I DPD RI Siapkan Revisi UU Pemerintah Aceh

Nasional

Menpora Dukung Pelaksanaan Ekspedisi JKW Keliling Nusantara

DPD RI

Sultan Sebut Satu dari Sembilan Sarjana Republik Indonesia Pengangguran

Nasional

Enam Orang Diamankan Peristiwa Prewedding Pengantin di Gunung Bromo, Salah Satunya Menjadi Tersangka