Home / DPD RI / Nasional

Selasa, 21 September 2021 - 00:39 WIB

LaNyalla Ingatkan Menkes, Pasca Temuan Fakta 2 dari 5 Ibu Hamil di Indonesia Kurang Cairan

Jakarta ri-media.id – Kondisi kesehatan Ibu Hamil kembali menjadi sorotan Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menyusul temuan fakta, bahwa 2 dari 5 ibu hamil dan 1 dari 2 ibu menyusui kekurangan asupan air minum yang berkualitas.

Temuan tersebut terungkap dalam Konferensi Obstetri dan Ginekologi yang diselenggarakan oleh Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, Minggu kemarin.

Menurut LaNyalla, kualitas generasi masa depan sangat ditentukan sejak dalam kandungan hingga proses kelahiran dan pemberian ASI yang baik oleh ibu. Karena itu, LaNyalla meminta Menteri Kesehatan memperhatikan hal ini.

Baca Juga  6 Fakta Menarik tentang Senator Filep Wamafma

“Kebutuhan cairan, khususnya air minum yang cukup, bagi ibu di masa kehamilan dan saat menyusui sangat tinggi. Dalam kondisi ini tidak boleh kekurangan cairan guna menunjang masa kehamilan yang sehat serta kualitas dan kuantitas ASI,” kata LaNyalla, Senin (20/9/2021).

Ibu menyusui yang kekurangan cairan mempengaruhi kuantitas dan kualitas ASI. Sedangkan pada ibu hamil, kekurangan asupan cairan berpotensi masalah dalam kelahiran, seperti prematur, berat badan bayi yang rendah dan bahkan cacat bawaan.

“Masalah minum air yang cukup bagi ibu hamil dan menyusui seperti masalah kecil, namun dampaknya sangat besar bagi bayi dan masa depan bangsa. Makanya hal ini harus menjadi perhatian dan keseriusan bersama karena berkaitan dengan generasi penerus,” lanjut LaNyalla.

Baca Juga  Kelangkaan Minyak Goreng Akibat Akumulasi Amburadulnya Tata Kelola Sawit di Indonesia

Karena krusialnya kebutuhan air itu, LaNyalla mengimbau kepada para kader-kader di Posyandu untuk selalu menganjurkan minum air yang cukup kepada para ibu hamil dan menyusui.

“Kader-kader posyandu, bidan atau tenaga kesehatan lainnya harus bisa mengajak ibu-ibu hamil dan menyusui untuk selalu meningkatkan pengetahuan. Terutama agar tidak menyepelekan mengenai pemenuhan air minum ini,” ucap Senator asal Jawa Timur itu.

Baca Juga  Cara Lulus Uji Praktik SIM C Terbaru

Berdasarkan Permenkes RI Nomor 28 Tahun 2019 dan rekomendasi POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) dianjurkan bagi ibu hamil mengonsumsi 8-10 gelas per hari dan 10-12 gelas perhari bagi ibu menyusui.

“Bayi yang dilahirkan sehat dan bertumbuh kembang dengan baik bukan saja merupakan kebanggaan dan kebahagiaan orangtua. Tetapi juga merupakan modal besar bagi bangsa dengan terciptanya generasi berkualitas di era tantangan masa depan yang semakin kompetitif,” tuturnya. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Cara Bikin Akun SSCASN untuk Daftar CPNS 2023

Nasional

SMA Negeri 8 Musi, Lebih Dikenal Masyarakat SMA Negeri 2 Muara Beliti Melaksanakan USP Tetap Taat Prokes

Nasional

Kasus Covid Meningkat, Usulan Munas Kadin Ditunda Menguat
Polsek Balikpapan Utara Memperkuat Keamanan melalui Patroli Dialogis

Nasional

Polsek Balikpapan Utara Memperkuat Keamanan melalui Patroli Dialogis

Nasional

Satgas Yonif 122/TS Ciptakan Pasar Rakyat, Membantu Perekonomian

DPD RI

68 Juta Masyarakat Terlibat Pinjol, Waket DPD RI: Pemerintah Perlu Siapkan Sistem Keuangan Khusus

Nasional

Walikota Layangkan Permohonan Hibah Aset Mess Pemda ke Gubernur Bengkulu

Nasional

Sumsel Resmi Jadi Tuan Rumah FORNAS ke VI Tahun 2022 Mendatang