Home / DPD RI / Nasional

Kamis, 23 September 2021 - 07:05 WIB

Masalah Limbah Masker, Ketua DPD RI Dorong Inovasi Ramah Lingkungan

Jakarta ri-media.id – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong pemerintah melalui badan riset, untuk membuat inovasi masker ramah lingkungan.

Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19, masker menjadi kebutuhan dasar masyarakat untuk digunakan sehari-hari. Namun, limbah masker tersebut belum tertangani dengan baik.

“Limbah masker ini belum tertangani dengan baik. Karena penggunaannya yang terus meningkat, masker pada akhirnya mencemari lingkungan. Saya kira pemerintah perlu mendorong inovasi teknologi masker ramah lingkungan,” kata LaNyalla, Rabu (22/9/2021).

Menurut LaNyalla, pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada sektor kesehatan dan ekonomi yang nyaris kolaps, tetapi juga berdampak serius terhadap pencemaran lingkungan hidup, khususnya dari sampah medis.

Baca Juga  Menkominfo Ajak Jajaran Bersatu Untuk Indonesia Maju

Berdasarkan studi yang dilakukan University of Southern Denmark, diperkirakan sekitar 129 miliar masker dibuang setiap bulan. Menurut laporan Ocean Asia tahun 2020, sebanyak 1,6 miliar sampah masker global berakhir di lautan. Jumlah ini setara 5,5 ribu ton
sampah plastik dan setara 7 persen pusaran sampah Pasifik. Di perairan Mediterania, masker sekali pakai ini menjerat hewan laut dan membunuhnya.

“Mengapa hal itu terjadi, karena pemakaian masker dan dibuang tanpa dilakukan pengolahan. Tentu hal ini dapat merusak lingkungan hidup pada jangka panjang,” tutur LaNyalla.

Baca Juga  Sultan Apresiasi Kebijakan Komisaris BUMN Diwajibkan Bertanggung Jawab Atas Kerugian BUMN

Ditambahkannya, selain inovasi teknologi masker ramah lingkungan, solusi jangka pendek untuk mengatasi problematika sampah masker adalah tempat sampah khusus.

“Pemerintah perlu menyiapkan tempat sampah khusus masker sekali pakai, tempat pengumpulan dan pembuangan. Selain itu diupayakan masyarakat menggunakan masker yang dapat digunakan kembali, selain upaya
membuat inovasi masker sekali pakai yang ramah lingkungan tadi itu,” ujar LaNyalla.

Oleh sebab itu, Senator asal Jawa Timur itu mengapresiasi Kampus ITS yang merancang Zero Mask Waste Box untuk menekan permasalahan limbah masker.

Baca Juga  Sigap, Polisi Bubarkan Tawuran di Kota Bambu Utara Palmerah

“Teknologi itu dirancang sebagai tempat sampah pengolahan limbah masker sekali pakai. Alat ini dapat mengurangi peningkatan risiko penularan Covid-19,” ujar LaNyalla.

LaNyalla menilai pemerintah perlu menggencarkan sosialisasi mengenai panduan pengolahan sampah masker. Hal itu bertujuan agar masyarakat memiliki tata cara yang benar dalam membuang limbah masker yang tak lagi digunakan.

“Berdayakan pos-pos pelayanan kesehatan, posyandu, kantor RT-RW dan kelurahan serta tempat publik lainnya agar dapat membangun kesadaran masyarakat membuang dan mengolah sampah masker sekali pakai dengan benar agar mengurangi limbah yang semakin hari semakin menggunung,” imbau LaNyalla. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Dinas PUPR Rehab Gedung PWI, Konsultan Survey Lokasi

DPD RI

Komite I DPD RI dan KPA Sepakat Mendorong Legislasi Reforma Agraria, Pertanahan dan Masyarakat Hukum Adat

Nasional

KNPI Bangun Sinergitas Bersama Dinas Pariwisata Menuju Kota Wisata Bahagia

DPD RI

Berstatus Presidensi G20, Sultan Yakin RI Mampu Jadi Penengah Konflik Rusia -Ukraina

DPD RI

DPD RI Bentuk Tiga Pansus pada Sidang Paripurna di Awal Tahun 2022

Nasional

Pelopori Digitalisasi Ekonomi Nasional, Waketum Kadin: Kebijakan Pemerintah Mesti Berpijak Jurus Membumi

DPD RI

Jajaki Peluang Ekspor Komoditi, Waket DPD RI Hadiri Undangan Walikota Southampton Inggris

Nasional

Tercatat 1.754 Ibu Hamil Telah Mendapatkan Vaksinasi Pertama