Home / Desa

Jumat, 24 November 2023 - 06:06 WIB

Musyawarah RPJMdes: Wujud Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa

Rejang Lebong, ri-media.id – Suasana kebersamaan dan semangat membangun kembali terlihat saat Pemerintahan Desa Batu Dewa, Kecamatan Curup Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes) untuk tahun 2024. Acara yang berlangsung pada Kamis, 23 November 2023, di Kantor Desa Batu Dewa ini menandai upaya nyata dalam mewujudkan partisipasi aktif masyarakat dalam menentukan prioritas pembangunan.

Kepala Desa, Putra Jaya, dalam sambutannya menyatakan bahwa musyawarah RPJMdes ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengusulkan beragam ide dan kebutuhan yang diharapkan dapat direalisasikan pada tahun-tahun mendatang. Lebih dari sekadar menyampaikan keinginan, usulan dari hasil musyawarah ini akan diformulasikan dan diprioritaskan sesuai dengan pagu dana yang tersedia.

Baca Juga  Pemdes Pahlawan Gelar Musyawarah RPJMdes dan RKPdes 2024 untuk Mewujudkan Aspirasi Masyarakat

Dalam upayanya untuk mencapai kesepakatan yang kokoh, Putra Jaya turut mengharapkan adanya konsensus yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Dengan demikian, penetapan pembangunan yang dihasilkan dari musyawarah ini akan menjadi dasar bagi pelaksanaan program pembangunan desa yang sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak yang memiliki peran penting dalam mendukung proses pembangunan desa. Hadirnya Camat Curup Utara, TPK, BPD (Badan Permusyawaratan Desa), perangkat desa, serta didampingi oleh Pendamping lokal desa, Pendamping desa dan TA dari kabupaten setempat menjadi bukti nyata dari komitmen bersama dalam membangun Desa Batu Dewa.

Baca Juga  Masyarakat Lubuk Kembang Kembali Menerima Bantuan Tunai Dana Desa

Selain itu, kehadiran konsultan pengawas dan dukungan penuh dari berbagai unsur seperti Babinsa (Bintara Pembina Desa), Bhabinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), tokoh masyarakat, dan elemen masyarakat lainnya turut menambah kekayaan diskusi serta memperluas perspektif yang diusung dalam musyawarah ini.

Musyawarah RPJMdes ini tidak sekadar menjadi agenda formal, tetapi menjadi titik tolak bagi upaya nyata dalam membangun desa secara berkelanjutan. Keberhasilan musyawarah ini diharapkan menjadi tonggak awal bagi terwujudnya kemajuan yang dirasakan oleh seluruh masyarakat Desa Batu Dewa. Dari kebersamaan dalam merumuskan dan menetapkan rencana pembangunan, diharapkan lahirnya gagasan yang dapat mengangkat kesejahteraan serta meningkatkan kualitas hidup seluruh warga.

Baca Juga  Desa Air Hitam Gelar Musyawarah Pra Pelaksanaan Pembangunan 2021

Musyawarah RPJMdes menjadi momentum penting yang menandai komitmen nyata Pemerintah Desa Batu Dewa dalam mewujudkan pembangunan yang berkeadilan dan merata bagi seluruh lapisan masyarakat. Dengan semangat kebersamaan, diharapkan hasil dari musyawarah ini dapat menjadi landasan kuat bagi perubahan positif yang dirasakan oleh semua warga di Desa Batu Dewa. (Ysman)

Share :

Baca Juga

Desa

Pembangunan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat Mewarnai Penutupan Tahun di Desa Pal 8, Rejang Lebong

Desa

Desa Sindang Jati Adakan Musdessus Pendataan SDGs

Desa

Masyarakat Desa Taba Tinggi Menerima Bantuan Tunai Desa

Desa

Musrenbangdes Desa Derati Tahun Anggaran 2023 Berjalan Sukses

Desa

Awal Anggaran Tahun 2023, Pemerintah Desa Taba Padang Merealisasikan Pembangunan Jalan Usaha Tani

Desa

Bersinergi Dengan Pemerintah Desa Duku Ulu, Kecamatan Curup Timur Melaksanakan Titik Nol Pembangunan Plat Duiker dan Drainase

Desa

Pemdes Pahlawan Menggelar Pelatihan Ketahanan Pangan dan PKK Bagian Dari Program Dana Desa

Desa

Titik Nol Rehap Jembatan Gantung Desa Tabarenah