Home / Daerah

Rabu, 29 Mei 2024 - 22:26 WIB

Pembangunan Drainase di Dusun II Kelurahan Muara Kuang Diduga Asal-Asalan

Ogan Ilir, ri-media.id – Pembangunan drainase di Dusun II, RT 02, Kelurahan Muara Kuang, Kecamatan Muara Kuang, Ogan Ilir, Sumatera Selatan diduga dikerjakan asal-asalan. Terihat banyaknya bangunan yang retak dan pecah-pecah yang diduga menggunakan material yang tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Biaya (RAB). Proyek yang didanai dari Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2023/2024 ini, mulai menunjukkan kerusakan meskipun baru beberapa bulan selesai dibangun.

Baca Juga  Penelitian Geolistrik Mengungkap Potensi Sumber Air Bersih di Desa Tanabang Ilir, Sumatera Selatan

Dari pantauan awak media, saluran drainase di Dusun II, RT 02, Kelurahan Muara Kuang sudah mengalami keretakan dan pecah-pecah. Selain itu, cor lantai saluran drainase juga terlihat sudah habis, sehingga bata lama yang sudah hitam terlihat jelas. Coran lantai yang habis tergerus arus air memperparah kondisi drainase tersebut.

Sangat disayangkan, proyek pembangunan drainase yang menggunakan dana ADD dalam jumlah yang cukup besar ini sudah mengalami kerusakan hanya dalam hitungan beberapa bulan. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa pembangunan drainase tersebut tidak sesuai dengan desain dan RAB yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Bupati Mura Didampingi Kapolres Mura Menutup Kegiatan Perlombaan Drag Race, Drag Bike

Menurut seorang warga setempat yang enggan disebut namanya, “Pekerjaan siring ini memang agak janggal. sedangkan lantai sudah terlihat bata lama yang tergerus air karena tidak ada lagi semen. Bangunan juga sudah banyak retak dan pecah. Seharusnya dinas terkait memeriksa dulu bangunan ini apakah layak di ACC atau tidak,” ujarnya dalam bahasa daerah.

Baca Juga  Diduga Dump Truck Muatan Berlebihan, Jembatan Desa di Kecamatan Muara Kuang Rusak Parah

Saat dihubungi wartawan melalui WhatsApp, Lurah Muara Kuang tidak memberikan jawaban atau respon hingga berita ini ditayangkan.

Masyarakat berharap pihak dinas terkait dapat meninjau dan memeriksa kembali pekerjaan tersebut. Mereka ingin memastikan apakah proyek ini sesuai dengan RAB atau hanya akal-akalan pihak pemborong untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dalam pembangunan drainase tersebut. (Tomi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Diduga Proyek Siluman, Pekerjaan Jalan Usaha Tani di Desa Belumai Dua Hampir Selesai Belum Terpasang Papan Merk

Daerah

Didukung Semua Kalangan, Heri Ifzan Memiliki Peluang di Arena Pemilu 2024

Daerah

Maju Calon Ketua RT 03 Kelurahan Muara Enim Lubuk Linggau Barat 1, Jhonny Siap Memegang Amanah

Daerah

Tim Macan Linggau Berhasil Amankan Pemuda Memiliki Senjata Tajam Ilegal

Daerah

Gubernur Sumsel H. Herman Deru Mewujudkan Dekatkan Musi Rawas dengan Palembang

Daerah

Desa Megang Sakti V Deklarasikan Sebagai Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama

Daerah

Jembatan Penghubung Trans Tanabang SP 1 dan Sp 2 Menuju Kecamatan Muara Kuang Mulai Perbaikan

Daerah

Kunjungan Gubernur Deru Lokasi Jalan Longsor Desa Kuang Anyar