Home / Daerah / Kuliner

Selasa, 14 November 2023 - 19:05 WIB

Pemkab Rejang Lebong Mendukung Festival Durian Langka di Lembak

Rejang Lebong, ri-media.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, secara resmi menyatakan dukungan terhadap rencana pelaksanaan Festival Durian Langka yang akan diselenggarakan oleh LSM Pekat Propinsi Bengkulu. Keputusan ini diumumkan dalam audiensi yang dilakukan oleh yayasan LSM tersebut pada Senin (13/11/2023).

Staf Ahli Bupati Rejang Lebong, Amrul Eby, menyampaikan apresiasi Pemkab terhadap kegiatan ini. Dalam ruang rapat Bupati, Amrul Eby menjelaskan bahwa festival durian ini memiliki tujuan untuk mengenalkan potensi sumber daya genetik unggul, khususnya varietas durian langka di daerah Lembak. Rencananya, festival ini akan berlangsung di lapangan sepak bola Kecamatan Padang Ulak Tanding pada bulan Januari 2024.

Baca Juga  Bakti Sosial, Jum'at Berkah Kapolres Lubuklinggau dan Rumah Sakit AR Bunda

Amrul Eby menyatakan harapannya bahwa festival durian langka ini dapat menjadi pintu gerbang untuk memperkenalkan potensi buah-buahan di Kabupaten Rejang Lebong secara nasional. Menurutnya, daerah Lembak memiliki beberapa varietas durian langka yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, termasuk durian isi merah darah, durian berisi merah jambu atau pink, hingga durian kepala gajah berat.

Baca Juga  KURNAIDI.ST, OPTIMIS PORSENIWADA TAHUN 2024 PWI MUBA JUARA UMUM.

Ishak Burmansyah, penanggung jawab kegiatan dari LSM Pekat Bengkulu, menjelaskan bahwa saat ini terdapat tujuh varietas durian yang sudah diidentifikasi tahap II oleh BSIP Bengkulu. Di antaranya, durian isi merah darah yang berbeda dengan varietas di Kalimantan, dan durian tanpa biji yang disebut durian srikaya. Belum lagi dua varietas lain yang belum diidentifikasi sepenuhnya.

Festival durian direncanakan pada Januari 2024 karena buah durian yang akan dipamerkan masih dalam tahap pertumbuhan. Ishak berharap festival ini tidak hanya menjadi ajang promosi, tetapi juga memungkinkan pemerintah untuk melestarikan varietas durian tersebut agar tidak punah di masa depan.

Baca Juga  IMPLEMENTASI AJARAN TAMANSISWA “NITENI, NIROKE, NAMBAHI” PADA UMKM DAPOER TANIA

Usai audiensi dengan Pemkab Rejang Lebong, rombongan panitia festival juga mengunjungi Polres Rejang Lebong. Kapolres Rejang Lebong, AKBP Juda Trisno Tampubolon, melalui Kasat Intelkam Iptu Tomson Sembiring, menyatakan kesiapan Polres untuk mendukung perizinan dan pengamanan dalam pelaksanaan Festival Durian mendatang.

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Daerah

Wali Kota Buka Lomba Cerdas Cermat Bagi Wajib Pajak

Daerah

Tanabang Ilir Kampanye Aksi Gizi Isi Piringku Dengan Protein Hewani, Cegah Stunting Memperingati Hari Gizi Nasional

Daerah

Heboh: Truk Melintas di Lubuklinggau Tabrak Pengendara Motor

Daerah

Calon PKD Kecamatan Muara Kuang Mengikuti Tes Wawancara

Daerah

Penilaian Kelompok Dasawisma Ogan Jaya, Desa Tanabang Ilir

Daerah

Kebakaran Hebat Melanda Pasar Lubuklinggau, Tiga Unit Pemadam Dikerahkam

Daerah

Keterlambatan Bibit Ayam Desa Batu Dewa, Ini Kata Pihak Pemasok dan Pemerintah Desa

Daerah

Gubernur Sumsel H. Herman Deru Mewujudkan Dekatkan Musi Rawas dengan Palembang