Home / Daerah

Jumat, 24 November 2023 - 14:35 WIB

Penelitian Geolistrik Mengungkap Potensi Sumber Air Bersih di Desa Tanabang Ilir, Sumatera Selatan

Ogan Ilir, ri-media.id – Sebuah kolaborasi penting antara Tim Survey Geolistrik dari Balai Air Tanah Bandung dan BBWS Sumatera VIII telah diperkenalkan di Desa Tanabang Ilir, Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Penelitian ini, yang diluncurkan pada Kamis (23/11/2023), bertujuan untuk menggali sifat kelistrikan lapisan batuan di bawah tanah guna menyediakan solusi terhadap kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Metode geolistrik dipilih untuk memahami tahanan jenis batuan di bawah permukaan tanah, dengan tim dipimpin oleh Arif Rahmat, Yudi, dan ibu Wiwid dari Balai Air Tanah Bandung, serta anggota dari BBWS Sumatera VIII, antara lain Destrik Zulfani, Andi Suardi, dan Rizki Alfaresy. Mereka menggunakan teknik ini dengan mengalirkan arus listrik ke dalam tanah.

Baca Juga  Pelantikan PKD Se-kecamatan Muara Kuang Ogan Ilir Sumsel

Kepala Desa Tanabang Ilir, Irfan Sanjivaredy, S.P, menyambut baik kedatangan tim survei. Ia menyatakan bahwa ini merupakan langkah penting dalam mendapatkan informasi terkait potensi air tanah untuk kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  Atlet ISSI Linggau Persembahkan Penampilan Terbaik

Penelitian ini dianggap sebagai awal yang menjanjikan untuk mengidentifikasi potensi sumber air bersih di Desa Tanabang Ilir. Dalam kondisi air permukaan yang kurang layak konsumsi, potensi air tanah menjadi alternatif yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan air minum yang aman.

“Kami bersyukur atas kedatangan Tim Survey dari Balai Air Tanah Bandung dan BBWS Sumatera VIII yang telah menyelesaikan tugasnya hari ini. Semoga hasilnya membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Desa Tanabang Ilir,” ungkap Kepala Desa Irfan Sanjivaredy, S.P, dengan harapan bahwa penelitian ini akan memberikan solusi yang bermanfaat bagi warga.

Baca Juga  Bantuan Rutilahu Dinas Sosial untuk Penerima Manfaat Desa Air Hitam di Salurkan Langsung

Penelitian geolistrik berlangsung tanpa hambatan, mengikuti rencana yang telah ditetapkan. Langkah selanjutnya akan memanfaatkan data yang diperoleh untuk menciptakan solusi yang tepat guna menyediakan air bersih yang aman dan berkelanjutan bagi Desa Tanabang Ilir. (Tomi)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kondisi Jalan Berlubang Masyarakat Pengguna Jalan Desa Wonosari Megang Sakti Mengharapkan Perbaikan

Daerah

Jalan Belum Diperbaiki Pemerintah, Warga Tiga Desa Rejang Lebong Adakan Gotong Royong

Daerah

Agusrin Maju Lagi Gubernur!! Teriak Masyarakat

Daerah

Suku Lembak: Kekayaan Budaya yang Tersebar di Musi Rawas, Kota Lubuklinggau, dan Bengkulu

Advertorial

Paripurna 1 DPRD Ogan Ilir Dalam Rangka HUT Ogan Ilir Ke-19 Berjalan Sukses

Daerah

Berkumpul Melepas Letih Forum Wartawan Independen Kota Pagaralam Adakan Kegiatan Silaturahmi

Daerah

Harus Tindak Tegas Dugaan Tragedi Khitan Mengakibatkan Hilangnya Mahkota Burung Bocah di Empat Lawang
AKBP Indra Arya Yudha, Menjadi Sorotan Dalam Acara OSMB - UT di Palembang

Daerah

AKBP Indra Arya Yudha, Menjadi Sorotan Dalam Acara OSMB – UT di Palembang