Home / Nasional

Selasa, 17 Agustus 2021 - 04:15 WIB

Pertamakali Upacara Peringatan HUT RI di Komplek Gubernuran, Ini Pesan Gubernur dan Wagub Sumbar

Sumatera Barat ri-media.id – Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memperingati HUT RI yang ke-76 dengan menggelar upacara di halaman Komplek Gubernuran, Selasa (17/8/2021). Upacara di halaman Komplek Gubernuran ini (komplek Gubernuran terdiri dari rumah jabatan Gubernur, Auditorium dan Istana) merupakan untuk pertamakalinya digelar sejak berdirinya Pemprov Sumbar.

Upacara di tengah pandemi, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi mengingatkan bahwa 76 tahun Indonesia Merdeka adalah momen dimana bangsa Indonesia kembali diuji jiwa pengorbanannya. Semangat kepahlawanan pun kembali bermunculan di sekitar kita.

Baca Juga  Anak Muda Berperan Dukung Kemajuan Suatu Daerah

Jika dahulu pengorbanan melawan penjajah, saat ini berjuang menghadapi musuh yang tak terlihat, yang tak membedakan siapa yang diserangnya, bermutasi dan menyebar ke setiap penjuru negeri.

“Merah putih (bendera) kita bisa berkibar dengan pengorbanan yang luar biasa. Pasca proklamasi belanda tak senang dan tidak mengakui, sehingga banyak peristiwa besar yang terjadi di berbagai daerah termasuk PDRI di Sumbar,” kata Mahyeldi.

Baca Juga  Berikut Kepala Desa Terpilih Dari 59 Desa Kabupaten Musi Rawas Dalam Pemilihan Serentak Yang Dilaksanakan 8 Maret 2023

“Alhamdulillah masyarakat Sumbar cukup antusias dengan hari kemerdekaan ini dengan mengibarkan bendera dirumah masing-masing. Bahkan di Pesisir Selatan saya lihat agak spesial, disamping merah putih juga ada marawa, ini bukti kecintaan masyarakat pada NKRI. Mudah-mudahan bisa terus dipertahankan sampai 31 Aguatus,” lanjut Buya Mahyeldi.

Baca Juga  Ini Pandangan Kajati dan Gubernur Rohidin atas Perkara Penangkapan 40 orang Petani Sawit di Kabupaten Mukomuko

Ditambahkan gubernur, 76 tahun Indonesia Merdeka adalah saat krusial bagi semua untuk melakukan langkah-langkah yang penting dan benar dalam mengatasi tantangan, serta mengesampingkan hal-hal yang dapat mengganggu keberhasilan perjuangan.

Gubernur juga memberi apresiasi pada seluruh tamu undangan uang hadir serta penyelenggara upacara, khususnya pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumbar yang telah tampil dengan baik selama upacara berlangsung.

Sumber : Kominfo Sumbar

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Meminta Penguatan Ekosistem Keuangan Syariah Berbasis Fintech

Nasional

Ini Syarat Penerima Bantuan Subsidi Gaji/Upah, Apa Kamu Termasuk?

Nasional

Hibah KNPI Tak Bisa Cair Jika Belum Selesaikan Dualisme

DPD RI

Mahyudin: Sistem Bikameral Indonesia Harus Berkaca dari Negara Besar

Nasional

Gubernur Rohidin Lantik Pejabat Eselon II Pemprov Bengkulu

Nasional

Jaga Kesehatan, Drs H Sumardi MM bersama FSP3B Rutin Olahraga Bio Energy Power

DPD RI

Diserang Siber, Waket DPD RI Minta BI Upgrade Sistem Keamanan Data

Nasional

Desa Lingge Menjadi Tuan Rumah Lomba Anak Sholeh, Sholeha Pendopo Barat