Home / Internasional

Senin, 18 September 2023 - 07:38 WIB

Pertemuan Bilateral RI- Australia Upaya Penanggulangan Terorisme

Poto: dok, infopublik

Poto: dok, infopublik

Jakarta, Senin, 18 September 2023 – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) dan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) telah sukses menggelar Pertemuan kesembilan Konsultasi Bilateral Kerja Sama Penanggulangan Terorisme Indonesia-Australia. Pertemuan yang berlangsung di Canberra, Australia pada tanggal 17 September 2023, ini membahas beragam aspek penanggulangan terorisme dan memperkuat hubungan kerja sama antara kedua negara.

Dilangsir dari infopublik.id, Kepala BNPT, Rycko Amelza Dahniel, dalam keterangannya mengungkapkan bahwa pertemuan kali ini berfokus pada penilaian ancaman terorisme dan prioritas penanggulangan terorisme ke depan. Indonesia dan Australia telah menjalin mekanisme bilateral yang kuat dalam kerja sama penanggulangan terorisme, salah satunya adalah pelaksanaan pertemuan konsultasi bilateral yang telah berlangsung sebanyak delapan kali sebelumnya. Pertemuan kesembilan ini merupakan bagian dari pertemuan rutin tahunan yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama anti-terorisme, sebagaimana telah disepakati dalam Nota Kesepahaman antara Pemerintah Australia dan Pemerintah Republik Indonesia tentang Penanggulangan Terorisme dan Ekstremisme Berbasis Kekerasan.

Baca Juga  Gempa Besar di Maroko Ribuan Meninggal dan Terluka

Kepala BNPT juga menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam penanggulangan terorisme. Agenda pertemuan ini melibatkan berbagai disiplin ilmu, menunjukkan betapa eratnya kerja sama kedua negara dan pentingnya kolaborasi semua pemangku kepentingan dalam upaya ini.

Baca Juga  Indonesia Optimalkan Potensi Laut melalui KTT AIS Forum 2023

Ambassador for Counter Terrorism Australia, Richard Feakes, mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin antara Australia dan BNPT selama ini. Dia menyatakan bahwa Indonesia merupakan mitra penting bagi Australia dalam penanggulangan terorisme. Kedua belah pihak memiliki perhatian yang sama terhadap ancaman radikalisasi online yang menargetkan anak-anak muda, kelompok terorisme, serta pendanaan terorisme.

Baca Juga  "Mempresentasikan Cetak Biru Pelembagaan Perdamaian melalui “Pertemuan International Women’s Peace Group 2022”

Pada akhir pertemuan, BNPT dan DFAT berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja sama melalui dialog di tingkat bilateral, forum-forum regional dan multilateral, serta berbagai kerja sama teknis. Kerja sama ini diharapkan dapat lebih mengokohkan kerja sama antara Indonesia dan Australia dalam upaya bersama untuk mengatasi ancaman terorisme.

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Internasional

Penipuan AI: Google Gugat Penjahat Siber yang Memanfaatkan Google Bard

Internasional

Ketua IWPG Hyun Sook Yoon: Wanita Dunia Kawal DPCW Agar Segera Menjadi UU di PBB

Internasional

Indonesia Sukses dalam Pameran Produk Perikanan Jepang

Internasional

Ini Tiga Pokok Penguatan Kerja Sama Indonesia dan Kenya

Internasional

Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., Menerima Kunjungan Vice Admiral M.A. Hampiholi, PVSM, AVSM, NM, (Focinic) Southern Naval Command, Indian Navy
Malaysia Diduga Jiplak Lagu Halo-halo Bandung Jadi Helo Kuala Lumpur

Dunia Hiburan

Malaysia Diduga Jiplak Lagu Halo-halo Bandung Jadi Helo Kuala Lumpur

Internasional

November, Merupakan Bulan yang Bersejarah Bagi Warga Patani Selatan Thailand

Internasional

NASA Sukses Menambang Oksigen di Mars: Langkah Penting Menuju Kolonisasi Manusia