Home / Literasi & Opini

Selasa, 13 Februari 2024 - 08:47 WIB

Pesta Demokrasi Damai 2024

Penulis: Deni Irwansyah

Pemilu merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi suatu negara. Dalam detik-detik menjelang pesta demokrasi, kita sebagai warga negara memiliki tanggung jawab untuk menjaga ketertiban, perdamaian, dan menghormati proses demokrasi itu sendiri.

Menyongsong pemilu, kita harus memahami bahwa pemilihan pemimpin dan wakil rakyat bukanlah sekadar tentang pemenang dan pecundang, tetapi juga tentang tanggung jawab untuk memilih pemimpin yang mampu mengemban amanah dengan baik, bertanggung jawab, dan adil bagi seluruh rakyat. Pemilu bukanlah ajang konflik, melainkan kesempatan untuk menunjukkan kedewasaan politik kita sebagai bangsa yang plural dan beradab.

Baca Juga  Pencairan BLT Desa Belum Berjalan Mulus di Sejumlah Kabupaten/Kota

Mengutip semangat Bhinneka Tunggal Ika, kita diingatkan akan keberagaman yang menjadi kekuatan Indonesia. Dalam momen pemilu, perbedaan pendapat dan pilihan politik seharusnya tidak menghalangi kita untuk tetap bersatu sebagai satu bangsa. Kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan, serta menghormati hak setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat dan memilih sesuai hati nurani mereka.

Baca Juga  Statement Bijak Gubernur Tentang Anak Pembully

Minggu tenang menjelang pemungutan suara adalah waktu bagi kita untuk merenung dan mengevaluasi pilihan kita. Kita tidak boleh terpengaruh oleh hasutan dan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban sosial. Mari kita jaga ketenangan dan kedamaian dalam menjalani proses demokrasi ini.

Keberhasilan pemilu bukan hanya ditentukan oleh hasil akhirnya, tetapi juga oleh kesadaran dan partisipasi aktif seluruh warga negara dalam menjalani prosesnya. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, keadilan, dan kebenaran, pemilu tahun 2024 akan menjadi tonggak sejarah bagi kemajuan Indonesia.

Baca Juga  In Memoriam Margiono

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama berkomitmen untuk menjaga ketertiban, perdamaian, dan semangat persatuan dalam menghadapi pemilu. Semoga Indonesia terus maju sebagai negara yang damai, demokratis, dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya. Bhinneka Tunggal Ika!

Share :

Baca Juga

Literasi & Opini

Survey Pengetahuan, Masjid Tertua di Kota Bengkulu? Jawab di Sini

Literasi & Opini

Dokter d’Lois

Literasi & Opini

PLTU di Teluk Sepang ; Monumen Kapitalis, Cendera Mata Kezaliman Penguasa

Internasional

November, Merupakan Bulan yang Bersejarah Bagi Warga Patani Selatan Thailand

Literasi & Opini

Asa Rakyat Bumi Etam Dibalik Pemindahan IKN

Literasi & Opini

Memahami Penyebab Kepuasan Kerja dan Perilaku Kesukarelawan Pekerja : Sebuah Penelitian

Literasi & Opini

PROFIL PROF. IMAM MAHDI (1) LURAH YANG MENJADI GURU BESAR

Literasi & Opini

Statement Bijak Gubernur Tentang Anak Pembully