Home / Nasional

Minggu, 17 September 2023 - 21:03 WIB

Pewarta Papua Barat Kunjungi Museum Penerangan

Poto: dok, infopublik

Poto: dok, infopublik

Jakarta,- Pada Minggu, 17 September 2023, sebanyak 10 pewarta dari Provinsi Papua Barat memeriahkan Museum Penerangan (Muspen) yang terletak di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Para jurnalis tersebut mengunjungi museum tersebut dengan antusiasme, meresapi ragam koleksi di bidang komunikasi dan informatika.

Ketua Tim Kerja Kemitraan dan Humas Muspen, Fransisca Melinda Rosaria, menyambut kunjungan ini dengan senang hati. Dia berharap bahwa kehadiran para jurnalis dari Papua Barat akan membantu meningkatkan minat masyarakat untuk mengunjungi museum tersebut. Fransisca berbicara tentang relevansi Museum Penerangan dengan generasi muda, mengingat museum ini memiliki sejarah yang berkaitan dengan perkembangan teknologi komunikasi, termasuk nenek moyang handphone.

Baca Juga  Pemkot Perbaiki Jalan Berlubang di Pasar Panorama

“Kami berharap teman-teman jurnalis dari Papua Barat bisa membantu memperkenalkan museum ini kepada masyarakat, terutama generasi muda, agar mereka melihatnya sebagai tempat yang menarik dan relevan,” ujar Fransisca.

Selain kunjungan langsung, Fransisca juga mengungkapkan bahwa masyarakat memiliki opsi untuk menjelajahi Museum Penerangan secara online melalui virtual tour.

Baca Juga  Minyak Goreng Masih Langka, Wakil Walikota Bengkulu Bersama Kapolres Bengkulu Gelar Sidak

Museum Penerangan didirikan pada 20 April 1993 dan memuat nama Penerangan, yang telah menjadi saksi sejarah dalam perkembangan Kementerian di bidang komunikasi. Ini merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Selain mengunjungi Museum Penerangan, para jurnalis juga berkesempatan untuk menjelajahi Anjungan Papua di TMII. Kegiatan kunjungan jurnalistik ini diadakan oleh Kemkominfo sebagai bagian dari upaya untuk membangun jejaring dan memberikan penyegaran kepada wartawan asli Papua.

Baca Juga  Keluhkan Kondisi Jalan di TPA Air Sebakul, Pengangkut Sampah Minta Solusi

Para jurnalis yang turut serta dalam kunjungan ini berasal dari berbagai media, termasuk LKBN Antara, Kompas TV, TVRI Papua, RRI Papua, Tribun Papua Barat, Koran Tabura Pos, Acemo.id, PapuaStar.com, KlikPapua.com, dan Orideknews.com. Semoga kunjungan ini akan meningkatkan pemahaman mereka tentang sejarah komunikasi di Indonesia serta memberikan wawasan yang berharga bagi perkembangan dunia jurnalistik di Papua Barat. (**)

Share :

Baca Juga

Nasional

2024 RSUD M Yunus Bengkulu Siap Layani Pasien Kardiovaskular

Nasional

KPAI : Setelah Gelar Pembelajaran Tatap Muka Januari 2021, Muncul Sejumlah Kasus Covid-19 di Sumbar

Nasional

Peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Sungai Penuh

Nasional

Peduli Stunting: Babinsa Barabai Berikan Asupan Gizi

Nasional

Bawaslu Kepahiang Angkat Bicara Insiden di Muara Kemumu

Nasional

Tingkatkan Kewaspadaan, Pemkot Imbau Warga Taat Prokes

Nasional

Rohidin Mersyah: Iman dan Ihsan Simbol Perjalanan Kehidupan Manusia

Nasional

Satgas Yonif RK 115/ML Lakasanakan Pembinaan Terhadap Generasi Papua Lewat Olahraga Voli