Home / Nasional

Rabu, 14 Februari 2024 - 23:50 WIB

Real Count KPU 18,31%: Prabowo Leading, Anies and Ganjar Trailing

Poto tangkapan layar situs resmi pemilu2024.kpu.go.id,

Poto tangkapan layar situs resmi pemilu2024.kpu.go.id,

Jakarta, ri-media.id – Pada tahap awal penghitungan suara Pemilihan Presiden 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah merilis hasil real count yang mencapai 18,31% pada Rabu 14 Februari 2024. Data yang dihimpun oleh ri-media.id, Dikutip dari situs resmi pemilu2024.kpu.go.id, tercatat bahwa dari total 823.236 Tempat Pemungutan Suara (TPS), sebanyak 150.700 TPS telah melakukan penghitungan suara.

Dari hasil penghitungan tersebut, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mendominasi dengan meraih 56,17% suara, yang setara dengan 7.138.781 suara. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan 23,87% suara atau sebanyak 3.033.507 suara. Di posisi ketiga, terdapat pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan perolehan suara sebesar 19,96% atau 2.536.211 suara.

Baca Juga  Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Unggul, Ramalan Gusdur Terbukti

Namun, penting untuk dicatat bahwa hasil ini masih merupakan tahap awal dari proses penghitungan suara dan bukan merupakan hasil akhir Pemilu 2024. KPU menjelaskan bahwa publikasi form model C/D hasil bertujuan untuk memberikan akses informasi publik yang mudah.

Baca Juga  Mahfud Ungkap Soal Isi Obrolan Saat Ngopi Bareng Ganjar

Proses selanjutnya akan melibatkan rapat pleno terbuka oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU pusat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Tahapan tersebut meliputi penghitungan suara yang dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), rekapitulasi hasil penghitungan suara, serta penetapan hasil pemilu.

Baca Juga  PWI Provinsi Bengkulu Tingkatkan Kemampuan Media Massa

Dengan demikian, meskipun Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul dalam real count tahap awal, perjalanan menuju penetapan hasil pemilu masih memerlukan proses yang transparan dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Publik diharapkan untuk tetap mengikuti perkembangan selanjutnya dari proses ini.

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

DPD RI

Sultan B Najamudin: Persoalan Guru Non Sertifikasi Sudah Mendesak

DPD RI

PRODEWA Dukung Presidential Threshold 0 Persen
PDIP Terimakasih ke SBY Jika Mau Bantu Dukung Ganjar

Nasional

PDIP Terimakasih ke SBY Jika Mau Bantu Dukung Ganjar

Nasional

Walikota Berpesan untuk Tersenyum saat Melayani Masyarakat

Nasional

Yayasan Pesantren Islam Al Azhar Bagi Takjil On The Road

Nasional

Ketahanan Pangan dan Gizi Penting, HKTI Ajak Mulai Gerakan

Nasional

Kementerian PUPR Melalui BPIW Dukung Penanganan Kemiskinan di Indonesia

Nasional

Gubernur Rohidin Dorong Eksistensi Baznas Bengkulu Optimal dengan Pergub Zakat