Home / Nasional

Selasa, 27 Oktober 2020 - 11:26 WIB

Saksikan Dialog Kebangsaan yang Digelar PWI

Bengkulu RI MEDIA – Memperingati hari bersejarah sumpah muda, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu akan menggelar dialog kebangsaan dengan tema ‘Menjaga Harmoni Indonesia dengan Semangat Sumpah Pemuda’.

Saksikan keseluruhan dialog kebangsaan tersebut bersama moderator Reporter senior RRI Riuslan Paguci dan diisi oleh Narasumber berkompeten di bidangnya yaitu; Kapolda Bengkulu Irjen. Pol. Drs. Teguh Sarwono, S.M.Si., Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacky Antony dan Anggota DPD RI Riri Damayanti.

Baca Juga  Mengubah Danau Tondano Menjadi Arena Olahraga Internasional

Pemirsa di rumah dapat mengikuti dan menyaksikan keseruan dialog ini di live streaming channel youtube Darah Juang On-Line dan disiarkan langsung di Radio Republik Indonesia (RRI) pada Kamis 5 November 2020 Pukul 09-12 WIB. Kegiatan tersebut disiarkan langsung dari Aula Taman Wisata Mangrove Bhardika Jenggalu Lingkar Barat.

Salah satu catatan sejarah pergerakan Pemuda Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia adalah sumpah pemuda.

Kongres kedua pemuda Indonesia pada Tanggal 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta) menghasilkan kesepakatan yaitu; ‘Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan terahir kami putra putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia’.

Baca Juga  Jelang Pelantikan, Jajaran Pengurus KAHMI Kota Bengkulu Gelar Rapat Internal

Diakhir kongres pemuda kedua ini, peserta kongres dikejutkan oleh permainan biola seorang Seniman sekaligus Wartawan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ruang Sidang kongres itu terasa bergetar saat Wage Rudolf Soepratman (Wr. Supratman) menyanyikan siair Indonesia Raya pertama kali di Indonesia yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Baca Juga  Gema Takbir Iringi Shalat Jum'at Pertama di Tenda Masjid At Tabayyun TVM

Selanjutnya, Wr Supratman memberitakan hasil kongres kedua tersebut termasuk aksinya menyanyikan lagu Indonesia Raya hingga berita ini mampu mempersatukan seluruh pemuda Indonesia dan berhasil mengguncangkan dunia.

Tidak terasa, telah 92 tahun kita merasakan perjuangan para pemuda, aktivis pergerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia. (ron)

Share :

Baca Juga

Nasional

Bolehkah Mandi Wajib atau Mandi Junub Setelah Imsak? Begini Penjelasan Buya Yahya

Nasional

Peringkat Capaian Vaksinasi Kota Bengkulu Menurun, Ini Penjelasan Kadis Kominfo

Nasional

DM: Bendahara KONI Harus Seorang yang Paham Tata Kelola Keuangan Negara

DPD RI

Tingkatkan Ekspor di Masa Pandemi, Ketua DPD Dukung Terobosan Pemprov DIY

Nasional

AMAN Bengkulu Adakan Rapat Kerja Wilayah Ke III Bertempat Di Rumah AMAN Bengkulu

Nasional

Jalani Amanat Undang-Undang, Gubernur Rohidin Sampaikan LKPJ Tahun 2021

Nasional

Melalui PTSL, Ratusan Warga Pematang Gubernur Terima Sertifikat Tanah

Nasional

Subuh Sajadah di Mushola Aisyah Seberang Air Pisang, Ini Pesan Wako Hendri Septa