Home / Nasional

Senin, 18 September 2023 - 15:41 WIB

Sambut HUT Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb, Kodim 0902/Berau Ikut Meriahkan Irau Manutung Jukut Tahun 2023

BERAU – Agenda Irau Manutung Jukut atau pesta bakar ikan sebuah tradisi lokal yang meriah di Bumi Batiwakkal, acara ini menjadi wujud kebersamaan dan keragaman yang diungkapkan dalam sebuah pesta dengan konsep yang sangat merakyat. Kegiatan Irau Manutung Jukut ini merupakan bagian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Berau yang ke-70 dan Kota Tanjung Redeb yang ke-213 tahun 2023.

Salah satu ciri khas dari Irau Manutung Jukut adalah pembakaran ikan yang melibatkan banyak peserta. Berbagai stan disediakan mulai dari Jalan Pulau Derawan hingga Jalan Pulau Sambit yang menyediakan ikan gratis bagi masyarakat Bumi Batiwakkal.

Baca Juga  Ganjar Dapat Dukungan dari Keluarga Besar Putra Putri Polri

Sebanyak 15 ton jukut yang ditutung pada kegiatan Irau Manutung Jukut tahun 2023 ini, dengan melibatkan 288 peserta yang menempati 330 tenda yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat dan pemerintah daerah serta instansi vertikal salah satunya Kodim 0902/Berau yang setiap tahun nya ikut ambil bagian kegiatan Irau Manutung Jukut dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb.

Dandim 0902/Berau, Letkol Inf Dony Fatra, S.E., melalui Ws. Kasdim 0902/Berau Kapten Arh Slamet Basuki mengatakan apresiasi kepada seluruh peserta dan masyarakat Kabupaten Berau atas semangat kebersamaan yang ditunjukkan dalam Irau Manutung Jukut tahun 2023.

Baca Juga  Artis Js Jalani Pemeriksaan Kesehatan

“Ini adalah momentum penting untuk memperingati sejarah dan merayakan pencapaian Kabupaten Berau dan Kota Tanjung Redeb”, tuturnya, Minggu (17/9/2023).

“Irau Manutung Jukut atau pesta bakar ikan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Berau gemar memakan ikan. Ini berdasarkan fakta bahwa kandungan protein di tubuh ikan sangat baik untuk pertumbuhan anak”, ungkapnya.

Ws. Kasdim 0902/Berau berharap kepada dinas terkait terutama Dinas Kesehatan dan DPPKBP3A Berau untuk bersama sama menurunkan angka stunting mengingat Kab. Berau kaya akan hasil laut. “Tidak ada sejarahnya ketika Kab. Berau yang kaya akan hasil laut tetapi tinggi angka stuntingnya, dan ini menjadi tugas kita bersama untuk mengedukasi masyarakat supaya menurunkan angka stunting dengan rajin mengkonsumsi ikan,” ujarnya.

Baca Juga  Hadiri Pisah Sambut Dandenpom II/I Bengkulu, Rosjonsyah: Harus Bisa Memanage dan Mampu Menjadi Contoh Bawahan

“Acara irau manutung jukut adalah sebagai salah satu cara untuk mengedukasi masyarakat agar senantiasa rajin mengkonsumsi ikan, tidak mesti ikannya harus mahal tetapi berkualitas sehingga memberikan gizi-gizi terbaik untuk generasi kita kedepan”, pungkas Ws. Kasdim 0902/Berau. (**)

Share :

Baca Juga

Nasional

Gubernur Rohidin Tingkatkan Sinergi dan Kolaborasi dengan Forkopimda Kabupaten/Kota Melalui Silaturahmi

Nasional

Pewarta Papua Barat Kunjungi Museum Penerangan

Nasional

BWSS 7 Adakan Review Desain Pengendalian Banjir Air Bengkulu

Nasional

Jelang Pelantikan, Jajaran Pengurus KAHMI Kota Bengkulu Gelar Rapat Internal

Nasional

Stop Pers

DPD RI

Hasan Basri Mengutuk Keras Pembunuhan Terhadap Nakes dan Masyarakat Sipil di Papua

Nasional

Walikota Lepas Iring-iringan Kendaraan Pengangkut Bantuan

Nasional

Memperingati HPN 2024, Wakil Sekjen I PWI Pusat Raja Pane Serahkan 10.000 Bibit Pohon ke Ancol