Home / DPD RI / Nasional

Sabtu, 4 Desember 2021 - 21:09 WIB

Semeru Erupsi, Sultan Minta Pemerintah Siaga Penuh Distribusikan Bahan Pangan dan Kebutuhan Sanitasi Warga

Jakarta – Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi disertai awan panas guguran dan hujan abu vulkanik cukup tebal pada Sabtu sore (4/12/2021).

Puluhan warga di Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mulai mengungsi akibat peristiwa tersebut.

Mendapatkan informasi tersebut, Wakil ketua dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin meminta kepada pemerintah melalui kementerian sosial RI dan segenap SKPD daerah terdampak untuk siaga penuh melakukan evakuasi dan menyiapkan segala kebutuhan pangan dan sandang warga di sekitar kawasan Semeru.

Baca Juga  HUT Kota Bengkulu, Diknas Kota Gelar LCT

“Kami harap pemerintah daerah dan BNPB setempat siaga penuh untuk memastikan semua masyarakat terdampak segera mendapatkan fasilitas camp pengungsian dan kebutuhan pangan juga sandangnya,” pinta Sultan melalui keterangan tertulisnya pada Sabtu (04/12).

Meskipun jarang menimbulkan korban jiwa yang signifikan, Bencana erupsi atau gunung meletus, seringkali menyebabkan kerugian materi masyarakat dan tentunya dampak psikologis yang traumatik. Sehingga distribusi bantuan bahan makanan dan pakaian adalah hal yang harus diprioritaskan.

Baca Juga  Motor Disita Saat Penggerebakan Belum Ada Kejelasan

“Tercukupinya pangan dan juga sarana sanitasi di camp pengungsian sangat penting bagi kesehatan dan imunitas Para korban. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 yang mulai menunjukkan tanda-tanda peningkatan,” ujarnya.

Dalam konteks ini, tambah mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu, semua kementerian terkait dan pemerintah daerah harus berkolaborasi menangani para korban. Mulai dari kebutuhan masker dan suplai pangan yang cukup dan seimbang. Pastikan semua pengungsi aman dari paparan Covid.

Baca Juga  Menghormati yang Puasa, Pemkot Menghimbau Warung Makan Tutup Siang Hari

Menurut keterangan, Terdapat dua kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo. Bantuan yang dibutuhkan dalam waktu cepat menurut Thoriqul adalah berupa makanan cepat saji.

Share :

Baca Juga

Nasional

Konsumen Marketing Sakti Terima Sertifikat Kavling Syariah Pesona Alam Bahari

Nasional

Gubernur Rohidin Ikut Begandai

DPD RI

Buya Syafii Maarif Dukung Progul Mahyeldi-Audy Membangun Sumbar

Nasional

Subuh Sajadah di Mushola Aisyah Seberang Air Pisang, Ini Pesan Wako Hendri Septa

Nasional

Babinsa Panca Jaya Lakukan Pendampingan Petani Tomat

DPD RI

Waket DPD RI Dorong Batan dan PLN Kolaborasi Kembangkan Energi Nuklir

Nasional

Pengurus MD Kahmi Benteng Resmi Dilantik

Nasional

Gerebek Lokasi Sabung Ayam, Polsek Sungai Penuh Bakar Gelanggang