Home / Nasional

Senin, 15 November 2021 - 09:17 WIB

SMA N 11 Kota Bengkulu Menuju Cyber School

Pelatihan pembuatan website sekolah yang bertemakan

Pelatihan pembuatan website sekolah yang bertemakan "Manajemen Sekolah Berbasis IT" pada tanggal 2 s/d 5 November 2021 di Cinere Depok jawa Barat

Bengkulu – SMA Negeri 11 Kota Bengkulu bergerak maju meningkatkan kualitas pelayanan sebagai lembaga pendidikan yang berbasis IT atau Cyber School. Salah satu program menuju itu, pihak sekolah telah mulai membangun kemampuan SDM pengajar dengan mengikuti pelatihan IT untuk membangun dan mengaktifkan website sekolah.

“Sesuai dengan arahan dari bapak Gubernur Bengkulu bapak Rohidin Mersyah agar ke depan sekolah-sekolah di Provinsi Bengkulu mampu membangun kualitas sekolah dengan manajemen yang berbasis IT, maka kami telah melakukan langkah itu, salah satunya dengan memberangkatkan tenaga pengajar kita untuk mengikuti pelatihan website,” ujar Kepala Sekolah SMA N 11 Bengkulu Eka Pariyantini, S.Pd, M.P jum’at (12/11) di ruang kerjanya.

Eka menambahkan pihak sekolah telah menghadiri undangan kegiatan pelatihan pembuatan website sekolah yang bertemakan “Manajemen Sekolah Berbasis IT” pada tanggal 2 s/d 5 November 2021 di Cinere Depok jawa Barat. Undangan ini berasal dari PT. Janish Lintas Data yang menggunakan salah satu produknya yaitu platform website yang bernama Schoolmedia.id. Pada acara ini pihak sekolah memberangkatkan tiga orang yaitu Eka Pariyantini, S.Pd, M.Pd, Irwan Triyos Putra, S.Pd, Yesmenti Eleta, S.Pd.

Yesmenti Eleta, S.Pd, Eka Pariyantini, S.Pd, M.Pd, Irwan Triyos Putra, S.Pd

“Dari hasil pelatihan ini ke depan kita ingin kita sudah mampu dalam mengelola manajemen informasi kepada masyarakat berbasis digital melalui website sekolah tentang profil sekolah, kegiatan sekolah dan program-program kesiswaan,” ujar Eka. Ia pun menambahkan bahwa fasilitas laboratorium IT sekolah juga telah tersedia.

Baca Juga  KI Pusat Gelar FGD Indeks Keterbukaan Informasi Publik

Eka menargetkan seluruh warga sekolahnya bisa meningkatkan kreatifitas dan menghasilkan pendapatan dari pemanfaatan fitur yg ada di dalam website ini. Dan juga menargetkan sekolahnya bisa menjadi salah satu sekolah percontohan sekolah yang manajemen sekolahnya sudah berbasis IT.

Sementara itu, staf pengajar yang membidangi IT yang juga bertugas sebagai admin website , Irwan Trios Putra S.Pd mengungkapkan kelebihan platform ini semua warga sekolah nantinya akan memiliki user masing-masing, mulai dari kepala sekolah, para guru, TU, siswa dan wali siswa.

Baca Juga  Direktur dan Wadir BLUD Resmi Dilantik, Diminta Optimalkan Kembali Program Samisake

“Khusus untuk user para wali siswa, di sini, para orang tua dapat memonitoring progres pendidikan anaknya, mulai dari kehadiran, keaktifan, kedisiplinan, dan prestasi pendidikan anaknya, dengan cara login menggunakan user orang tua yg telah pihak sekolah siapkan,” ungkap lulusan prodi bahasa Inggris UNIB ini.

Selain itu juga tambahnya, di dalam fitur website ini semua pengguna berkesempatan mendapatkan penghasilan, contohnya user guru atau siswa yang memiliki produk kreatifitas seperti guru yang memiliki hobi menulis soal atau siswa yg hobi menulis karya tulis maka produk mereka tersebut bisa ditawarkan di forum yang disediakan di dalam website tersebut dan penawaran produk mereka ini, bisa dilihat dan dibeli oleh para netizen seluruh Indonesia.

”Sekarang semua orang khususnya wali murid bisa akses progres kegiatan belajar mengajar cukup dari HP saja,” tambahnya.

Baca Juga  Duka Nanggala 402, TNI AL Bengkulu Gelar Shalat Ghaib

Kegiatan Perekaman e-KTP

Bulan ini SMAN 11 Kota Bengkulu dengan bekerjasama dengan dinas Dukcapil Kota Bengkulu telah melaksanakan program perekaman e-KTP . Peruntukkan program ini menyasar bagi siswa/i yang telah mencapai usia 17 tahun. Kegiatan ini dilakukan di SMAN 11 KOTA BENGKULU, pada tanggal 9 November 2021. Dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya, sebanyak 150 siswa yang terdiri dari siswa kelas XI dan kelas XII telah sukses melakukan perekaman.

Proses perekaman e-KTP

“Kita berterima kasih atas kerjasama kepada pihak-pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan program ini, dan kita ingin program ini reguler dilaksanakan setiap tahun Karena cukup membantu bagi siswa yang telah cukup umur untuk mendapatkan KTP,” terang Kepala Sekolah SMAN 11 Kota Bengkulu. Program ini sempat terhenti tahun lalu karena pandemi Covid 19. (**)

Share :

Baca Juga

DPD RI

Barang Sitaan Heru Dikembalikan, Sultan: Kinerja Jaksa dan Hakim Sangat Maksimal

Nasional

Pangdam XVIII/Kasuari Apresiasi Satgas Yonif 623/BWU di Wilayah Penugasan

Nasional

Sultan Silahturahmi dan Bukber Bersama Tokoh Masyarakat di Bengkulu Utara

DPD RI

Ketua DPD RI: Kunci Pemberantasan Narkoba Adalah Kesadaran Bersama
Angela Tanoesoedibjo di Tunjuk Wakil Ketua TPN Ganjar

Nasional

Angela Tanoesoedibjo di Tunjuk Wakil Ketua TPN Ganjar

Nasional

Tournament Golf HUT Ke-76 Korem 041/Gamas Ajang Silaturahmi Golfer Bengkulu

Nasional

Dikukuhkan, Paskibraka Diminta Jadi Teladan Bagi Generasi Muda

Nasional

Jum’at Berkah, KSAD Berbagi Natura ke Prajurit