Home / Nasional

Senin, 31 Agustus 2020 - 12:49 WIB

Solusi Ledy DPRD Kota Bengkulu untuk UMKM Milenial

Bengkulu RI MEDIA – Berdasarkan data BPS, struktur demografi Indonesia hingga saat ini memang masih didominasi oleh penduduk berusia muda (milenial), dengan median 29,9 tahun, jauh lebih muda dibandingkan dengan Tiongkok di angka 37,1 tahun. Inilah yang dikenal dengan istilah bonus demografi.

Kaum milenial Indonesia merupakan komponen terbesar dalam bonus demografi. Peran milenial dalam perekonomian Indonesia tentu tidak dapat dipungkiri, mengingat merekalah sumber ide-ide kreatif dan tidak sedikit dari mereka yang memiliki aspirasi dan idealisme demi terciptanya masa depan kemanusiaan yang lebih baik lagi.

Ilustrasi UMKM

Peranan UMKM di Bengkulu salah satunya. Walaupun banyak milenial yang berani memulai, tak kalah banyak juga yang tumbang ditengah jalan. Pertanyaannya, apa kendala dan apa solusinya. Untuk itu kita meminta pendapat dari salah satu pengusaha muda wanita asal Bengkulu, dan juga sekarang menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Bengkulu, yaitu Vinna Ledy Anggraheni.

Baca Juga  DPD RI Diskusi Terkait Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Selama Pandemi Covid-19

Anggota DPRD berusia 31 tahun tersebut mengungkapkan bahwa kendala dalam membangun kewirausahaan itu adalah yang pertama karena lemahnya pengetahuan.

“Generasi milenial sebenarnya sudah punya modal yaitu punya kemauan yang kuat untuk memulai wirausaha. tapi seringkali bahwa kelemahan dari para pengusaha baru adalah pengetahuan tentang jenis atau wirausaha yang mereka ingin laksanakan, maka dari itu kita berharap bahwa ke depan milenial harus dibekali pengetahuan selengkap-lengkapnya tentang jenis kewirausahaan bahkan sampai ke produk atau industri-industri kreatif”, jelas wanita yang biasa dipanggil Ledy.

“Kedua, kita yakin bahwa apapun bentuk wirausaha itu tidak akan bisa berjalan secara maksimal hanya memberi pengetahuan dan wawasan. Yang penting harus dimiliki generasi milenial adalah persoalan modal. Pemerintah sudah membuka ruang, misalnya pinjaman KUR. sebagai upaya untuk dukungan kepada para penggiat usaha kecil menengah. Bagaimana membangun ide dan kreativitas dalam membentuk usaha juga penting. Justru dari data-data yang bisa lihat bahwa KUR tidak terserap dengan baik di Provinsi Bengkulu, karena ide-ide belum bisa muncul dari milenial”, tambah Mbak Ledy.

Baca Juga  Bupati Kerinci Resmikan Kantor Bank Jambi Cabang Kerinci
Ilustrasi Milenial

Mbak Ledy juga menerangkan, menjadi pengusaha itu yang terpenting adalah mentalitas. Karena bergerak di bidang dunia bisnis ini tentu banyak tantangan banyak langkah-langkah yang memang harus menguji mentalitas. Mentalitas ini harus diartikan sebagai ketahanan dan kesiapan kita, baik dalam pikiran maupun sikap untuk siap dan tidak menyerah dalam kondisi apapun.

Baca Juga  Gubernur Bengkulu Dorong Kemudahan Keberangkatan Jamaah Haji Asal Bengkulu

Persoalan manajemen penting, apapun bentuk usahanya harus di manajerial dengan baik. Dari pembagian tugas dan wewenang dalam usaha ataupun juga tentang pengelolaan keuangan karena kita seringkali gagal dalam hal untuk memanajemen atau manajerial usaha.

“Kedepan, kita mengagendakan khusus, membuat forum-forum yang memang di dalamnya memberikan pendidikan pemuda, yaitu pendidikan kreatif. Forum ini akan diberi ‘The Great Milenial’. Berbentuk persatuan pemuda yang di dalamnya belajar tentang bisnis. Sekarang sedang kita rancang bersama teman-teman, bagaimana pola nonformal ini bisa menjadi ajang anak muda untuk berdiskusi, bertukar gagasan juga mendapatkan ilmu pengetahuan secara gratis, untuk para milenial membangun UMKM”, tutup Mbak Ledy yang berencana memberikan solusi untuj UMKM Milenial Bengkulu. (okt)

Share :

Baca Juga

Nasional

Pemprov Bengkulu Dorong Kab/kota Maksimalkan Data untuk Penuhi Kuota PBI JKN

Nasional

Rohidin Mersyah Buka Selebar-lebarnya Pintu Bagi Investor di Pulau Baai

Nasional

Pemerintah Bangun Gerakan Solidaritas Nasional Penanganan Covid-19

Nasional

Tawarkan Coffee & Non Coffee, D’Bogies Coffee Launching di Tengah Pandemi

Nasional

Awal Pekan Depan Jurnalis dan Ormas Bakal Geruduk Kantor DPRD Bengkulu Utara

Nasional

Yudi Darmawansyah Siap Majukan PIONE Bengkulu

Nasional

Biaya Tes PCR, Pimpinan DPD RI : Keselamatan Rakyat Tidak Bisa Ditinjau dari Aspek Untung-rugi.

Nasional

GM Marketing Fransisca Lucky Resmikan Hokben di Kota Bengkulu