Home / Literasi & Opini

Kamis, 20 Mei 2021 - 12:48 WIB

Statement Bijak Gubernur Tentang Anak Pembully

Oleh : Syaifullah, S.Kom, S.H. Barisan Pemuda Melayu

Apa yg diputuskan oleh kepala sekolah dan stakeholder adalah keputusan terbaik yg bersifat situasional saat itu. Jadi mari kita mendamaikan suasana dengan menerima keputusan itu dan memikirkan secara bijak hak pendidikan anak ini ke depan, dengan melanjutkan pendidikannya di sekolah lain. Dari pada kita memperkeruh suasana dengan memperdebatkan keputusan tersebut.

Semua orang hukum tahu, tak ada keputusan yang dapat memuaskan semua pihak, yang ada adalah keputusan yang adil untuk kebaikan bersama.

Apa yang disampaikan oleh Pak Gubernur Rohidin Mersyah sangatlah benar, bukan dengan maksud untuk mempertanyakan keputusan kepala sekolah bersama stakeholder tersebut, tetapi lebih memikirkan tentang hak anak yang wajib memperoleh atau melanjutkan pendidikan.

Menurut saya inilah seharusnya yang diupayakan oleh pemerhati sesuai dengan apa yg disampaikan oleh Pak Gubernur, dengan cara dan mengupayakan kelanjutan pendidikan anak ini di sekolah lain. Agar pendidikan anak ini dapat terus berlanjut.

Baca Juga  1200 Paket ZIS Dibagikan di Kecamatan Kampung Melayu

Sebagai informasi, dilansir dari antaranews.com, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meminta pihak sekolah tidak menghilangkan hak mendapatkan pendidikan bagi salah satu siswi SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu yang melakukan ujaran kebencian menghina Palestina.

Rohidin menyayangkan tindakan pihak sekolah yang mengambil keputusan mengeluarkan atau melakukan drop out terhadap siswi tersebut karena video berdurasi 8 detik yang diunggahnya ke media sosial TikTok dianggap melampaui ketentuan sekolah karena menyuarakan hujatan terhadap Palestina.

“Kita tidak bisa serta merta mengultimatum, memberikan punishment. Saya minta untuk tidak menghilangkan kesempatan yang bersangkutan untuk sekolah. Bagaimana caranya anak itu harus tetap sekolah,” kata Rohidin di Bengkulu, Rabu (19/5/21).

Baca Juga  Agusrin Dijegal?

Gubernur menegaskan MS (19) pelajar kelas II SMA di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu itu harus tetap mendapatkan kesempatan yang sama untuk bersekolah seperti siswi lainnya.

Sebab, menurutnya, sekolah adalah tempat yang tepat untuk melakukan pembinaan terhadap anak-anak muda agar menjadi generasi yang cerdas dan memiliki hati nurani.

“Kesempatan anak itu untuk sekolah harus tetap diteruskan. Sekolah itu kan memang tempat melakukan pembinaan terhadap anak generasi muda agar dia menjadi cerdas dan manusia bernurani,” ucapnya.

Kendati demikian Rohidin menyesalkan tindakan ujaran kebencian menghina Palestina yang dilakukan siswi tersebut yang dianggapnya tidak mencerminkan semangat toleransi antarumat beragama, bangsa dan negara. Apalagi hal itu dilakukan orang terdidik.

Rohidin meminta para guru di Bengkulu lebih sering melakukan bimbingan konseling dan memberikan pemahaman yang utuh tentang etika bermedia sosial agar peristiwa tersebut tidak kembali terulang.

Baca Juga  Asa Rakyat Bumi Etam Dibalik Pemindahan IKN

“Di sisi lain hal seperti ini jangan sampai terulang kembali. Ini sangat disayangkan. Apalagi pelajar, mahasiswa, orang terdidik sampai memberikan komentar yang intoleransi.

Sebelumnya, MS membuat rekaman ujaran kebencian terhadap Palestina yang saat ini sedang berkonflik dengan Israel. Dalam unggahan berdurasi 8 detik yang sudah dihapus oleh TikTok itu MS merekam dirinya menyuarakan hujatan terhadap Palestina.

Akibat ulahnya itu MS dikeluarkan dari sekolahnya. Keputusan ini diambil setelah pihak sekolah mengevaluasi tata tertib sekolah dan pelanggaran MS, hasilnya yang bersangkutan dianggap sudah melampaui ketentuan.

MS telah menyampaikan permintaan maaf dan menyatakan tindakannya itu adalah spontan sebagai bentuk keisengan dengan tujuan mengikuti tren bermedia sosial dan ia tidak menyangka akan berbuntut panjang.

Share :

Baca Juga

Bengkulu

Seperti Bola : Akan Ditendang oleh KPU atau Bawaslu ???

Bengkulu

Transisi Demokrasi

Bengkulu

Menambang Bencana di Tiap Jengkal Bumi Raflesia

Literasi & Opini

Kelangkaan Minyak Goreng Akibat Akumulasi Amburadulnya Tata Kelola Sawit di Indonesia

Literasi & Opini

Analisis Keberadaan Pertambangan Batu Bara di Provinsi Bengkulu Ditinjau dari Persfektif Pendapatan Asli Daerah Versus Pencemaran Lingkungan

Bengkulu

Letusan Bisul di KPK

Bengkulu

Survey Pengetahuan, Masjid Tertua di Kota Bengkulu? Jawab di Sini

Bengkulu

Kota Kasim

Bengkulu

Letusan Bisul di KPK

Literasi & Opini

Rossi Lebih dari Sekedar Legenda Moto GP

Bengkulu

Peran Hukum Internasional dalam Upaya Melindungi TKI Terpidana Mati

Bengkulu

KUNCI MATI; Membaca Sholat ala Azam (3)

Literasi & Opini

Memperbaiki Marwah Organisasi Masyarakat Sipil dan Menegur LSM, Oknum ‚ÄúLembaga Suka Meras”

Bengkulu

Panas Tapi Memikat