Home / Nasional

Selasa, 25 Mei 2021 - 19:56 WIB

Waspada, Modus Penipuan Mengatasnamakan Penerimaan CPNS Kemenkumham

Jakarta ri-media.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menegaskan belum menyampaikan informasi mengenai penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto menanggapi beredarnya kabar Kemenkumham akan membuka seleksi CPNS.

“Memang benar kami akan menyelenggarakan proses penerimaan CPNS, tetapi sampai saat ini kami belum sekalipun secara resmi menyampaikan informasi terkait hal tersebut kepada publik,” kata Andap dalam keterangan persnya, Minggu (23/5/2021).

Baca Juga  Pemprov Bengkulu Terima Bantuan 2 Ton Liquid Oxygen dari PT. Pusri

Saat ini ramai flyer dan info grafis mengenai penerimaan CPNS yang mengatasnamakan Kemenkumham. Andap tidak sepenuhnya menyalahkan informasi yang beredar, tetapi juga tidak membenarkan seluruhnya.

Dia menjelaskan, informasi yang beredar saat ini tidak disebarkan oleh akun resmi kemenkumham karena memang belum waktunya. Kendati tidak ada unsur penipuan dalam info tersebut, Andap meminta masyarakat berhati-hati karena bisa saja berpotensi penipuan.

Baca Juga  Wawali Dedy Turun Langsung ke Lokasi Kebakaran di Bumi Ayu

“Terkait beragam informasi mengenai penerimaan CPNS Kemenkumham, saya meminta masyarakat untuk berhati-hati agar tidak tertipu oleh oknum yang memanfaatkan momen ini,” ungkap Andap lebih jauh.

Informasi penerimaan CPNS Kemenkumham secara resmi hanya akan disampaikan dalam web resmi Kemenkumham, yaitu cpns.kemenkumham.go.id, atau akun resmi media sosial (instagram) yaitu @cpns.kumham dan @kemenkumhamri.

“Informasi penerimaan CPNS Kemenkumham hanya akan kami keluarkan melalui akun-akun resmi tersebut pada 30 Mei 2021,” katanya.

Baca Juga  Komite IV DPD RI Uji Shahih RUU Usul Inisiatif DPD RI Tentang Pinjaman Daerah

Andap menjelaskan banyak akun fake atau palsu yang dibuat menyerupai akun resmi kemenkumham. Untuk instagram, beberapa di antaranya adalah @cpns_kumham, @cpnskumham, @info.cpnskumham dan lain-lain. Semuanya, menurut Andap, adalah palsu.

“Sekali lagi, saya mengharapkan seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan penerimaan CPNS Kemenkumham ini. Informasi yang benar hanya keluar dari akun resmi kami dan pada tanggal 30 Mei 2021,” tutupnya. (***)

Share :

Baca Juga

DPD RI

BAP DPD RI Harap Konflik Kraton Surakarta Bisa Selesai secara Mufakat

Nasional

Aspirasi Banpol PP di Perjuangkan Ditjen Bina Adwil

Nasional

Rohidin Mersyah Pastikan Stok Migor Curah dan Kebutuhan Pokok Awal Puasa Aman

DPD RI

Ditengahi DPD RI, Pelindo III Setuju Lanjutkan Kerja Sama dengan Mitra

Nasional

Keren, Media Center Kota Bengkulu Tembus 5 Besar Nasional

Nasional

Bapenda : Wajib Pajak PBB dan BPHTB Banyak Menunggak

Nasional

Enam Kecamatan Zona Kuning, Pemkot: Tak Ada Omicron

Nasional

Peresmian Monumen Fatmawati “Sang Merah Putih dari Bengkulu” oleh Jokowi