Home / Wisata

Kamis, 21 September 2023 - 21:23 WIB

Wisata Religi: Masjid 99 Cahaya Asmaul Husna di Lampung

Poto: 
dok, mijil.id (tampak Sore hari)
dok, harian haluan.com (tampak Siang hari)

Poto: dok, mijil.id (tampak Sore hari) dok, harian haluan.com (tampak Siang hari)

Masjid Baitus Shobur, yang juga dikenal dengan sebutan “Masjid 99 Cahaya Asmaul Husna,” adalah salah satu destinasi wisata religi yang memukau di Lampung, Indonesia. Terletak di Kompleks Islamic Center Tubaba, masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menawarkan pengalaman spiritual dan budaya yang unik bagi para pengunjung.

Dilansir dari Indonesia.go.id, Masjid Baitus Shobur memiliki sejarah yang menarik. Awalnya, kompleks ini dibangun sebagai lokasi untuk Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Provinsi Lampung pada tahun 2017. Namun, seiring berjalannya waktu, tempat ini telah berkembang menjadi pusat kegiatan keagamaan, wisata, dan sosial budaya di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Salah satu hal yang membuat Masjid Baitus Shobur begitu istimewa adalah desain arsitekturnya yang unik. Berbeda dari masjid-masjid konvensional, masjid ini adalah bangunan satu lantai dengan tinggi mencapai sekitar 30 meter. Dari luar, bangunan ini terlihat seperti gedung lima lantai, tetapi tanpa ornamen atau hiasan yang berlebihan. Desain ini mencerminkan konsep kesederhanaan yang mendasari keimanan dalam agama Islam.

Baca Juga  Destinasi Surga Bawah Laut di Indonesia Menjadi Incaran Dunia

Ketika Anda memasuki masjid, Anda akan menemukan ciri khas lainnya yang memukau. Langit-langit masjid ini dihiasi dengan tulisan 99 Asmaul Husna dalam huruf Arab, yang merupakan sifat-sifat Allah. Bagian terdalam dari langit-langit ini membentuk lorong tinggi yang berujung pada 99 lubang kecil di pucuknya. Pemandangan ini menciptakan efek visual yang menakjubkan ketika matahari melewati khatulistiwa pada bulan Maret dan September, memungkinkan sinar matahari masuk melalui lubang-lubang tersebut.

Namun, pesona sejati Masjid 99 Cahaya Asmaul Husna muncul saat malam tiba. Pada saat itulah, tulisan Asmaul Husna yang ada di langit-langit memancarkan cahaya lampu, menciptakan atmosfer yang sangat syahdu dan mendalam bagi para jemaah yang sedang beribadah. Dengan demikian, masjid ini dikenal dengan nama lengkap “Masjid Agung 99 Cahaya Asmaul Husna Baitus Shobur.”

Baca Juga  Tempat Wisata di Riau Terbaik & Paling Hits Untuk Liburan

Keunikan arsitektur dan budaya Lampung juga tercermin dalam masjid ini. Fasad depan masjid memiliki bentuk huruf Kaganga, huruf tradisional Lampung, dengan lafal “Sabar,” yang mengacu pada nama masjid, Baitus Shobur. Ini adalah penghormatan terhadap budaya lokal sambil mempromosikan pesan kesabaran yang penting dalam ajaran Islam.

Selain sebagai tempat ibadah, Masjid Baitus Shobur juga menawarkan pengalaman wisata yang menarik. Di sekitarnya, terdapat danau buatan yang dihuni oleh ribuan ikan mas, nila, dan gurame. Pengunjung dapat menikmati kesejukan di sini, memberi makan ikan, atau bahkan mengabadikan momen mereka dengan foto-foto indah. Lokasi ini juga sering digunakan untuk prewedding, konten kreator, atau fotografer yang mencari latar belakang yang menarik.

Baca Juga  Danau Poso: Mengungkap Keunikan dan Potensi Wisata Dunia

Tidak jauh dari Masjid Baitus Shobur, Anda juga dapat menjelajahi tempat-tempat wisata lainnya di sekitar Tubaba. Salah satunya adalah Uluan Nughik, yang menawarkan pengalaman budaya unik dan menjadi spot foto yang instagramable. Selain itu, Tugu Empat Marga adalah simbol kebesaran empat marga di Kabupaten Tulang Bawang Barat, yang merupakan bagian dari sejarah dan budaya lokal yang kaya.

Dengan perpaduan keindahan arsitektur, keunikan budaya, dan pesona spiritual, Masjid 99 Cahaya Asmaul Husna Baitus Shobur menjadi destinasi yang layak dikunjungi bagi siapa saja yang mencari pengalaman wisata religi dan budaya yang mendalam di Lampung, Indonesia.

Editor: Redaksi

Share :

Baca Juga

Desa

Peresmian Pariwisata Danau Talang Kering Desa Pahlawan, Rejang Lebong
Tempat Wisata di Riau Terbaik & Paling Hits Untuk Liburan

Wisata

Tempat Wisata di Riau Terbaik & Paling Hits Untuk Liburan
Inilah Wisata Sumatera Utara yang Terkenal Hingga Mancanegara

Wisata

Inilah Wisata Sumatera Utara yang Terkenal Hingga Mancanegara
Tempat Wisata Lampung yang Indah, Ada Pulau Pahawang!

Wisata

Tempat Wisata Lampung yang Indah, Ada Pulau Pahawang!
Tempat Wisata di Cibinong Terbaru dan Recommended

Wisata

Tempat Wisata di Cibinong Terbaru dan Recommended
Pantai Air Manis: Keindahan Alam Minangkabau Terpopuler

Wisata

Pantai Air Manis: Keindahan Alam Minangkabau Terpopuler
3 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi 2023

Wisata

Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi 2023

Wisata

Pantai Klayar di Pacitan Jawa Timur: Turis Mancanegara Boleh Coba